Gunung Raung Semburkan Abu Vulkanik, Pemprov Sulut Bagikan Masker Ke Warga

Avatar
Pendar cahaya merah muncul saat erupsi terjadi pada puncak Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Maluku Utara, Selasa (30/4/2024). ANTARA/HO-PVMBG/am.
banner 468x60

NALARNESIA.COM di Kabupaten , , telah berdampak sampai ke Provinsi Gorontalo. melaporkan bahwa sudah menutupi sebagian wilayah Gorontalo dan mulai memengaruhi warga.

Pemerintah Provinsi Gorontalo segera merespons dengan mendistribusikan masker di berbagai lokasi di Gorontalo pada Selasa malam sebagai langkah pencegahan. Masyarakat diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

banner 225x100

“Mulai malam ini BPBD, PMI, dan Dinas melakukan distribusi masker sebagai bagian dari pencegahan sekaligus mengajak masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah, kita akan pantau terus situasinya,” kata Sekretaris Daerah Provinsi, Sofian Ibrahim.

BACA JUGA: Ratusan Pengungsi Korban Erupsi Gunung Raung Dievakuasi TNI AL

Sofian juga menegaskan bahwa pemantauan terhadap situasi terus dilakukan dengan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait.

“Bencana ini tidak bisa kita prediksi karena intensitas itu sendiri maupun arah angin yang membawa abu hingga ke Gorontalo,” ujarnya.

Sofian juga mengingatkan agar masyarakat tetap tenang dan waspada menghadapi dampak tersebut. Akibat , penerbangan di Bandara Djalaludin Gorontalo juga ditutup sementara sebagai langkah keselamatan.

BACA JUGA: Prabowo Bertemu Menhan Malaysia Bahas Peningkatan Kerjasama Pertahanan Antar Negara

“Tenang dalam arti tidak perlu panik dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa, waspada dalam arti melindungi diri dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Ketika kembali ke rumah perlu segera mengganti pakaian dan membersihkan diri untuk memastikan tidak ada abu yang melekat di badan,” tutup Sofian.***

Leave a Reply