Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Konsumsi Daun Stevia

Avatar
Daun dan bunga Stevia (pixabay)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang dan (PDPOTJI), Inggrid Tania, mengungkapkan temuan menarik terkait manfaat daun stevia. Selain sebagai pemanis nol dan bermanfaat bagi penderita dalam menurunkan , daun stevia juga memiliki sifat sebagai imunomodulator.

“Stevia bisa membantu sistem imun kita untuk bisa merespons secara seimbang, misalnya dengan membantu sistem imun adaptif sehingga sel-sel imun menjadi responsif atau sesuai dalam memberikan respons terhadap suatu patogen,” kata Inggrid dikutip dari ANTARA, Selasa, 26 Maret 2024.

banner 225x100

Ini sangat berguna terutama saat dan dalam kondisi cuaca yang tidak menentu. Inggrid menjelaskan bahwa stevia dapat membantu tubuh manusia dalam memberikan respons yang lebih optimal terhadap patogen yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Selain daun stevia, Inggrid juga menyoroti pentingnya penggunaan bahan herbal sebagai imunomodulator. Herbal ini membantu tubuh mengatur sel-sel imun sehingga memperkuat imunitas dan memberikan respons yang tepat terhadap patogen atau mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA: Cara Pengobatan Batu Ginjal Paling Ampuh, Simak Penjelasannya

“Patogen atau mikroorganisme tersebut di antaranya adalah virus, bakteri, jamur, dan parasit, serta juga dapat membantu meregulasi tubuh kita agar sistem imun mampu merespons stimulus atau bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi atau pemicu hipersensitivitas dan juga dapat membantu menekan atau mencegah sel kanker,” ujarnya.

Beberapa contoh herbal yang memiliki sifat imunomodulator adalah daun teh (Camellia Sinensis), (Zingiber Officinale), dan ketumbar (Coriandrum Sativum). Inggrid menjelaskan bahwa teh hitam memiliki khasiat sebagai imunomodulator yang mirip dengan teh hijau karena mengandung senyawa polifenol dan antioksidan seperti katekin.

Selain itu, juga memiliki efek imunomodulator yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa dapat membantu mengatasi infeksi virus seperti flu atau influenza.

“Jahe juga sudah banyak dipakai oleh penduduk atau masyarakat di berbagai belahan dunia untuk membantu menguatkan imunitas tubuhnya. Berbagai penelitian juga sudah menunjukkan bahwa juga ada bahan yang bisa ditemukan di dapur, misalnya ketumbar yang ternyata merupakan rempah-rempah yang bersifat imunomodulator yakni suatu bahan yang bisa menstimulasi sel-sel imun kita untuk bekerja secara lebih optimal,” ungkap Inggrid.

BACA JUGA: Bau Badan? Jangan Cuma Pake Deodoran, Gunakan Juga Obat Antiperspiran

Selain daun teh dan jahe, ketumbar juga memiliki sifat imunomodulator yang dapat menstimulasi sel-sel imun untuk bekerja secara lebih optimal. Ketumbar, yang sering digunakan sebagai bahan masakan, telah terbukti memberikan manfaat dalam menguatkan respons imun tubuh.***

Leave a Reply