Tips Menghadapi Cuaca Panas Saat Puasa Ramadhan 2024

Avatar
Ilustrasi cuaca panas (unsplash.com/zaitsart)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Profesor Psikologi dari Reed College, Paul Currie, mengatakan bahwa selama Bulan Ramadhan dapat menjadi tantangan, terutama di kondisi .

dapat mendorong seseorang untuk makan makanan berlemak dan minuman manis dingin, yang dapat menyebabkan masalah seperti panas dalam dan infeksi saluran pencernaan.

banner 225x100

Hal ini juga dapat membuat kadar darah turun, yang dapat memicu pembebanan hormon kortisol dan adrenalin. Hal ini dapat membuat kita merasa stres dan mengalami perubahan .

Untuk mengatasi tantangan ini, Currie memberikan tiga kiat yang dapat membantu: pertama, melawan hati yang panas dengan berolahraga ringan untuk menjaga stabilitas emosi; kedua, menggunakan pakaian dari bahan katun dan melindungi diri dari sinar matahari langsung; ketiga, mengelola panas dalam dengan memperhatikan konsumsi makanan selama bulan , termasuk memilih makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka.

BACA JUGA:

Selain itu, Currie juga menyarikan berbagai aktivitas ibadah sebagai cara untuk mengatasi ketegangan dan menjaga selama Bulan Ramadhan. Hal ini termasuk membaca Al-Qur'an, sholat, atau berzikir. Dengan mengikuti kiat ini, kita dapat menghadiri fasting dengan baik dan menjaga kita secara keseluruhan.

“Sementara untuk menu berbuka dianjurkan membuka dengan minum segelas air putih dan kurma yang mengandung serat dan alami, sehingga dapat mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa, baru setelahnya dilanjutkan dengan makanan yang lebih berat,” begitu saran dia.***