Jokowi Mulai Ngantor di IKN Mulai Bulan Juli

Avatar
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di sela peresmian sejumlah infrastuktur industri keuangan di Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/M Solih Januar)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa dia akan memulai bekerja di Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada bulan Juli mendatang.

“Juli (nanti). Saya nunggu  dan jalan tolnya jadi (dahulu),” kata Jokowi di sela peresmian pembangunan sejumlah infrastruktur klaster keuangan di kawasan IKN, dikutip dari Antara, Kamis, 29 Februari 2024.

banner 225x100

Keputusan tersebut tergantung pada penyelesaian pembangunan bandara dan di wilayah tersebut.

Jokowi menjelaskan bahwa setelah pembangunan infrastruktur bandara dan selesai, waktu tempuh dari Bandara Nusantara ke IKN hanya akan memakan waktu 15 menit.

BACA JUGA: Skuadron Pesawat Tanpa Awak Disiapkan TNI AU di Tarakan dan Malang

Selain itu, pembangunan juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Kota ke IKN dari dua jam menjadi sekitar 45 menit.

“Jadi, betul-betul nanti kita harapkan dengan adanya fasilitas jalan , fasilitas bandara, maka airport traffic ke IKN ini menjadi semakin ramai,” ujar Jokowi secara terpisah, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Bank Negara Indonesia (BNI) di IKN.

Dia berharap bahwa dengan tersedianya fasilitas jalan dan bandara, lalu lintas ke IKN akan semakin ramai. Meskipun ditanya mengenai rencananya untuk mulai berkantor di IKN bersama Menteri PUPR pada bulan Juni, Jokowi menyatakan bahwa Basuki akan menjadi yang pertama berkantor di baru Indonesia.

IKN dijadwalkan akan mulai beroperasi pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.***