Kapuspen TNI Menyatakan Siap Evakuasi WNI di Lebanon, Imbas Meningkatnya Ekskalasi Konflik

Avatar
Arsip foto - Tangkapan layar prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-O UNIFIL latihan evakuasi medis udara di Pelabuhan Beirut, Lebanon, Jumat (19/4/2024), sebagaimana diunggah dalam akun Instagram resmi Puspen TNI. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal TNI Hariyanto, menyatakan bahwa prajurit TNI yang bertugas bersama Pasukan Perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL) siap membantu evakuasi warga negara Indonesia () di Lebanon jika diperlukan.

“Untuk evakuasi pengungsi yang berada di dekat perbatasan harus seizin Force Commander UNIFIL, sedangkan untuk penarikan personel TNI sampai saat ini menunggu keputusan Force Commander UNIFIL,” kata Kapuspen.

banner 225x100

Dalam pernyataannya di pada hari Kamis, Hariyanto menjelaskan bahwa TNI telah menyiapkan rencana kontingensi untuk situasi darurat, termasuk evakuasi. Namun, rencana ini harus mendapat persetujuan dari pimpinan UNIFIL, yaitu Force Commander Letnan Jenderal Aroldo Azàro dari Spanyol.

BACA JUGA: PBB Khawatir Serangan Israel Tingkatkan Konflik di Lebanon

Pada hari yang sama, perwakilan dari Markas Besar TNI dan Kementerian Luar Negeri RI mengadakan rapat teknis untuk membahas situasi terkini di Lebanon serta rencana evakuasi .

Menurut Direktur Pelindungan Kemenlu RI, Judha Nugraha, prajurit TNI yang bertugas di UNIFIL akan dikerahkan jika antara Lebanon dan semakin memburuk. Saat ini, terdapat 155 WNI di Lebanon, kebanyakan adalah mahasiswa dan mereka yang menikah dengan warga setempat.

Ketegangan antara dan Lebanon meningkat sejak serangan Israel terhadap pada 7 Oktober 2023. ini meluas ke perbatasan Israel-Lebanon, termasuk Blue Line, dengan militer Israel (IDF) menyerang Lebanon, mengakibatkan ratusan korban jiwa dan ribuan warga sipil terluka serta mengungsi.

BACA JUGA: Turki Mendesak Israel untuk Hentikan Serangannya Terhadap Palestina Termasuk Lebanon

KBRI Beirut telah menetapkan status Siaga 1 bagi WNI di Lebanon, dan Kemenlu RI telah mengeluarkan travel advisory untuk menunda perjalanan ke Lebanon dan Israel. Sejak Agustus 2024, 25 WNI telah dipulangkan ke Indonesia.

Selain WNI, ada lebih dari 1.000 prajurit TNI yang bertugas dalam UNIFIL di Lebanon, termasuk di berbagai satuan seperti Maritime Task Force (MTF) dan Satgas Batalyon Mekanis TNI (INDOBATT). Sebagian besar prajurit TNI beroperasi di darat, sementara Satgas MTF bertugas di laut. Kontingen Garuda TNI di Lebanon juga telah melakukan latihan darurat, termasuk simulasi evakuasi melalui jalur laut.***

Leave a Reply