Apa Itu Gaya Hidup Berkelanjutan? Simak Penjelasan dan Cara Melakukannya

Avatar
Ilustrasi hidup berkelanjutan (unsplash/Esther Tuttle)
banner 468x60

NALARNESIA.COM berkelanjutan telah menjadi sebuah tren global yang bertujuan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di Bumi yang lebih baik. Prinsip dasar dari ini adalah untuk memperbaiki aspek kehidupan agar tetap berkelanjutan di masa depan.

Hal ini sangat penting dilakukan secara global untuk mendapatkan manfaat yang signifikan. Berikut adalah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan berkelanjutan, tujuannya, dan cara untuk menerapkannya.

banner 225x100

Gaya hidup berkelanjutan merupakan bentuk kesadaran diri untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam secara individu maupun sosial. Ini mencakup produk, perilaku, dan aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tanpa menghabiskan atau mengurangi sumber daya untuk masa depan. Gaya hidup ini selalu memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Tujuan dari gaya hidup berkelanjutan adalah mencapai keseimbangan antara lingkungan dan manusia yang menggunakannya. Ini mencakup penggunaan energi terbarukan dan pengurangan limbah. Gaya hidup berkelanjutan memiliki tiga pilar utama, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi, yang menjadi dasar dalam menerapkannya.

BACA JUGA: Bau Badan? Jangan Cuma Pake Deodoran, Gunakan Juga Obat Antiperspiran

Untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sehari-hari.

  1. Penggunaan Produk Daur Ulang

Salah satunya adalah dengan menggunakan produk daur ulang untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang mencemari lingkungan.

Pengurangan limbah juga penting dilakukan dengan mengolah sampah menjadi kompos dan menghemat energi.

  1. Menggunakan Transportasi Umum

Memilih naik transportasi umum atau juga dapat mengurangi polusi udara dan mendukung yang lebih baik di sekitar kita. Mengontrol penggunaan energi juga penting untuk menghindari pemborosan dan dampak negatifnya terhadap lingkungan.

BACA JUGA: Tips Memilih Menu Makanan untuk Sahur dan Berbuka Selama Ramadhan

  1. Tidak Konsumtif

Mengurangi konsumsi produk secara berlebihan, memilih teknologi ramah lingkungan, dan menanam tanaman juga merupakan langkah-langkah penting dalam gaya hidup berkelanjutan. Semua ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan untuk masa depan.***

Leave a Reply