Tips Memilih Menu Makanan untuk Sahur dan Berbuka Selama Ramadhan

Avatar
Ilustrasi menu sahur dan berbuka (unsplash/Baiq Daling)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Banyak pilihan hidangan yang dapat dikonsumsi saat berbuka dan sahur, baik yang tersedia di pasaran maupun yang dimasak di rumah.

Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah ikan gabus pucung khas Betawi, yang memiliki kandungan tinggi sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah berpuasa.

banner 225x100

Menurut dr. Adelina Haryono, Sp. G. K, AIFO-K, seorang dokter spesialis gizi klinik yang tergabung dalam PDGKI Jaya, ikan gabus dikenal memiliki kandungan sebanyak 70 persen dan hanya 1 persen lemak, serta mengandung albumin yang berperan penting dalam fungsi tubuh, serta seperti zink, , dan selenium.

Untuk menjaga prinsip gizi seimbang, hidangan ikan gabus pucung sebaiknya dilengkapi dengan sumber karbohidrat seperti nasi dan sayur, dan diikuti dengan konsumsi .

BACA JUGA: Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Bulan Ramadhan

Pengolahan ikan gabus tidak harus digoreng terlebih dahulu, melainkan bisa langsung dimasak dengan bumbu-bumbu agar lebih sehat dan nutrisinya tetap terjaga.

Adelina juga memberikan catatan penting terkait asupan gizi saat berpuasa, seperti pentingnya mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah saat berbuka untuk mengembalikan cadangan glukosa di hati.

Selain itu, asupan protein yang cukup juga penting untuk mempertahankan massa otot dan memenuhi kebutuhan protein tubuh. Keseimbangan asupan serat, vitamin, , dan cairan juga perlu diperhatikan selama berpuasa untuk menjaga tubuh secara keseluruhan.

“Pastikan kebutuhan protein dalam satu hari yang biasanya dapat dipenuhi dalam 3 kali makan, dapat terpenuhi saat sahur dan berbuka,” saran dia.***

Leave a Reply