Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Bulan Ramadhan

Avatar
Ilustrasi bibir (Pixabay.com/hamiti)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Dokter Nadia Greviana MPd.Ked dari (FKUI) memberikan tips tentang menjaga gigi dan mulut selama berpuasa.

Menurutnya, merawat gigi dan mulut tidak hanya terbatas pada rutinitas menyikat gigi.

banner 225x100

gigi dan mulut tidak hanya dengan menyikat gigi, tetapi dibantu dengan mengkonsumsi dan buah,” kata Nadia dalam webinar “Menjaga selama Puasa” yang dipantau di , Kamis, 21 Maret 2024.

Nadia menekankan pentingnya menyertakan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran yang kaya serat, karena ini dapat membantu menjaga .

BACA JUGA: Mitos atau Fakta? Minum Dari Sedotan Bikin Bibir Keriput

“Kalau sikat gigi bersifat kimiawi karena kita pakai zat kimia. Kalau konsumsi dan buah ini tentunya alami sehingga membantu self cleansing gigi dan mulut,” ujarnya.

Selain itu, gerakan mengunyah juga bermanfaat untuk membersihkan rongga mulut, yang turut berkontribusi dalam menjaga kebersihan mulut.

Dia juga menjelaskan bahwa bau mulut seringkali dialami oleh orang yang berpuasa karena kurangnya produksi air liur, kurangnya proses pembersihan alami gigi dan mulut akibat tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama beberapa jam, serta keadaan kosong dalam saluran pencernaan.

Nadia menegaskan bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena mulut merupakan pintu masuk utama bagi makanan dan minuman yang berpotensi memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Tahukah Kamu? Penggunaan Obat Kumur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

“Kalau makanan terlalu asam akan memicu asam lambung semakin banyak, kemudian muncul kembung atau begah, lalu gas nya naik ke atas itu yang tidak nyaman,” katanya.

Untuk mencegah bau mulut selama berpuasa, Nadia menyarankan rutin menyikat gigi, mengonsumsi makanan sehat dan rendah asam saat sahur dan berbuka, serta mengurangi konsumsi rokok untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.***