Tahukah Kamu? Penggunaan Obat Kumur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

Avatar
Ilustrasi berkumur (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Menjaga kebersihan mulut berkaitan erat dengan penurunan risiko infeksi gusi serta kondisi seperti dan hal itu berdasarkan penelitian terbaru yang semakin memperkuat hubungan antara keduanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebersihan mulut memiliki dampak signifikan terhadap dan berperan penting dalam mengurangi risiko infeksi gusi dan kondisi lainnya.

banner 225x100

Dalam konteks , penelitian terkini menyoroti kemungkinan dampak negatif dari penggunaan antiseptik pada beberapa pasien . Dilansir dari Medical Daily, Sabtu, 17 Februari 2024, periodontitis adalah suatu infeksi gusi yang dapat merusak jaringan lunak di sekitar gigi, terkait dengan kondisi serius seperti diabetes, demensia, penyakit , dan infeksi saluran pernapasan.

Studi ini mencatat bahwa ketika individu dengan diabetes tipe 2 menggunakan antiseptik, terjadi penurunan signifikan dalam jumlah bakteri yang terkait dengan periodontitis. Temuan ini memberikan pengetahuan baru terkait potensi peran dalam mengelola risiko infeksi gusi pada pasien diabetes, namun juga menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami dampak lebih mendalam.

BACA JUGA: Tren Perawatan Kulit Rambut Masa Kini, Patut Dicoba!

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menyebutkan bahwa selain mengurangi tingkat bakteri, penggunaan obat kumur pada beberapa pasien diabetes juga dapat memberikan kontrol yang lebih baik terhadap .