Diberi Kenaikan Pangkat Oleh Jokowi, Prabowo: Kayaknya Berat Yaa…

Avatar
Menteri Pertahanan Jenderal TNI (HOR) Prabowo Subianto (kiri), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memeriksa kesiapan prajurit TNI dan alutsista di halaman depan lokasi Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan penuh canda merespons pertanyaan beberapa jurnalis setelah menerima kenaikan pangkat istimewa sebagai jenderal kehormatan bintang empat dari Presiden Joko Widodo.

“Kayaknya berat, ya,” ujar Prabowo menjawab pertanyaan sebelum meninggalkan lokasi Rapat Pimpinan (Rapim) -Polri Tahun 2024 di Markas Besar , Cilangkap, Jakarta, Rabu.

banner 225x100

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga berbincang dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, serta tiga kepala staf TNI; yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) , Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Prabowo Subianto menerima kenaikan pangkat istimewa, dari purnawirawan jenderal bintang tiga menjadi jenderal bintang empat kehormatan, oleh Presiden .

BACA JUGA: Ada Oknum-oknum Tak Mau Berbagi Tolak Kebijakan Kejari Rangkul Semua Korban Robot Trading DNA Pro

Pada Rapim TNI Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu, Presiden memberikan penghargaan tersebut kepada Menhan Prabowo sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa dan kontribusinya dalam pembangunan bangsa, terutama di sektor pertahanan dan keamanan.

“Saya ingin menyampaikan penganugerahan pangkat secara istimewa, berupa jenderal TNI kehormatan, kepada Bapak Prabowo Subianto. Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara,” kata dalam Rapim tersebut.

Presiden Jokowi juga menyampaikan selamat kepada Prabowo atas kenaikan pangkat istimewa tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” ujar Jokowi.

BACA JUGA: panglima TNI Bentuk Satgas Habema Untuk Tumpas OPM

Dalam serangkaian Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024, Jokowi secara resmi memberikan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Presiden melepaskan tanda pangkat jenderal bintang tiga dan menyematkan tanda pangkat jenderal bintang empat kepada Prabowo, sambil menyerahkan Keputusan Presiden (Keppres) sebagai dasar kenaikan pangkat istimewa tersebut.

Prabowo, mengenakan seragam pakaian dinas upacara TNI, lengkap dengan brevet, tanda jasa, dan tanda kehormatan, menerima kenaikan pangkat istimewa berdasarkan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024, yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 21 Februari 2024. Dengan ini, Prabowo secara resmi memegang gelar “Jenderal TNI (HOR)” di depan namanya.

Upacara pemberian kenaikan pangkat istimewa dihadiri oleh beberapa orang terdekat Prabowo, termasuk putra tunggalnya, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau Didiet Prasetyo. Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo duduk di klaster kursi yang sama dengan Jokowi dan Prabowo di sisi tengah panggung.

Sementara itu, sejumlah tokoh termasuk Maruli Simanjuntak, Muhammad Ali, Fadjar Prasetyo, dan Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra turut hadir dalam acara tersebut. Para pemangku kepentingan lain seperti Ketua Komisi I RI Meutya Hafid, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, serta Ahmad Muzani juga turut hadir di acara tersebut.***