Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas, Mampu Hilangkan Stres

Avatar
Ilustrasi grounding (Unsplash.com/Clint McKoy)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Menghubungkan tubuh langsung dengan tanah saat berjalan tanpa alas kaki sering disebut sebagai “” atau “” karena kontak fisik dengan Bumi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa grounding dapat memiliki manfaat .

Beberapa selebritas luar negeri seperti Cate Blanchett, Jacob Elordi, Shawn Mendes, Chris Pine, dan Kacey Musgraves telah menjadi penggemar berjalan tanpa alas kaki, baik untuk kesehatan maupun kenyamanan mereka sendiri.

banner 225x100

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Inflammation Research pada tahun 2015, grounding dapat membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh , seperti yang diamati dalam 20 studi kasus.

Studi kecil lainnya yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental and Public Health pada tahun 2012 juga menyimpulkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi peradangan, menghilangkan , dan mengurangi risiko penyakit .

BACA JUGA: 4 Manfaat Gaya Hidup Sehat, Jangan Sampai Menyesalinya

Hal ini mungkin terjadi karena perpindahan elektron dari tanah ke tubuh, menurut peneliti.

Meskipun berjalan tanpa alas kaki terdengar menarik, penelitian yang mendukungnya masih terbatas. Tetapi, secara umum (dengan atau tanpa alas kaki) telah terbukti memiliki efek , menghilangkan , dan mendukung kesehatan jantung.

Jadi, jika Anda ingin mencoba berjalan tanpa alas kaki, pastikan untuk melakukannya di tempat yang aman seperti halaman rumah Anda sendiri. Tetap perhatikan kemungkinan dan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan sebelum memasukkan kebiasaan ini ke dalam rutinitas Anda.***

Leave a Reply