Usai Dinyatakan Menang, Prabowo Subianto Mengucapkan Rasa Syukur Telah Menjalankan Demokrasi

Avatar
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Calon Presiden terpilih Prabowo Subianto mengucapkan rasa syukurnya atas partisipasi dalam sebagai bagian dari proses demokrasi.

“Tentunya kami bersyukur bahwa kita bersama-sama telah berhasil menjalankan proses demokrasi sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar,” kata Prabowo di Kantor Komisi (KPU) RI, , Rabu, 24 April 2024.

banner 225x100

Dia juga menekankan pentingnya sistem politik demokrasi yang memberikan kedaulatan kepada rakyat.

“Kontestasi, persaingan, perdebatan yang keras yang penuh dengan semangat, yang penuh dengan pandangan yang tajam di antara kita, tetapi inilah tuntutan demokrasi, inilah yang diharapkan bangsa dan rakyat kita,” ujarnya.

BACA JUGA: KPU Resmi Menetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres 2024

Prabowo-Gibran mengakui bahwa persaingan dalam bersama pasangan Anies Baswedan- dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md adalah bagian wajar dari proses demokrasi, meskipun persaingannya keras.

“Akan tetapi, satu hal yang saya kira kita saksikan bersama, sekeras apa pun, setajam apa pun, kami menyadari bahwa kita tetap satu rumpun, satu keluarga besar bahwa kita sama-sama anak bangsa ,” katanya.

Namun demikian, dia menekankan pentingnya kesadaran bahwa semua pihak tetap adalah bagian dari bangsa yang sama.

BACA JUGA: Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Terpilih Resmi Dibuka KPU Hari ini

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 didasarkan pada Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024.

“Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Tahun 2024, memutuskan, kesatu, menetapkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Tahun 2024 menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024—2029 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024” ujar Hasyim di Kantor KPU RI, , Rabu.

Pasangan ini berhasil meraih dukungan yang signifikan dari masyarakat dengan meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional, serta memenuhi syarat minimal 20 persen suara di setiap provinsi di .

Keputusan ini mulai berlaku sejak diumumkan pada Rabu, 24 April 2024.***

Leave a Reply