12 Manfaat Berjalan Kaki Setiap Hari, Olahraga Mudah Nan Bermanfaat

Avatar
Ilustrasi jalan kaki (Unsplash/Arek Adeoye)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang mudah dilakukan dan memberikan banyak . Namun, apa yang terjadi jika kita berjalan kaki setiap hari?

Berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung, menguatkan tulang dan sendi, melancarkan pencernaan, serta memperbaiki . Manfaat ini bisa dirasakan bahkan jika Anda hanya melakukannya selama 10 menit sehari.

banner 225x100

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat berjalan kaki setiap hari:

  1. Meningkatkan
    Berjalan kaki secara teratur dapat memperbaiki dan mengurangi risiko depresi, , dan kesepian. Berjalan kaki di luar ruangan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebahagiaan.
  2. Menurunkan
    Berjalan kaki setiap hari membantu membakar lemak dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin. Durasi dan yang lebih menantang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung
    Berjalan kaki dapat menurunkan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa setiap 1.000 langkah yang dilakukan dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,25 poin.
  4. Menguatkan sistem imun
    Sebagai olahraga aerobik, berjalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko selesma, dan membantu mempercepat penyembuhan penyakit.
  5. Mengurangi nyeri sendi
    Sebagai olahraga low-impact, berjalan kaki aman untuk persendian dan bermanfaat bagi orang dengan masalah tulang, otot, dan sendi.
  6. Melancarkan pencernaan
    Berjalan kaki setelah makan membantu memecah makanan dan mempercepat proses pencernaan. Ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot inti dan perut, sehingga pencernaan bekerja lebih baik.
  7. Meningkatkan energi
    Berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan energi. Bahkan berjalan selama 10 menit menaiki tangga terbukti lebih efektif meningkatkan energi daripada mengonsumsi kafein.
  8. Menurunkan risiko varises
    Berjalan kaki melancarkan aliran darah di kaki, mengurangi risiko atau gejala varises.
  9. Meningkatkan kualitas tidur
    Berjalan kaki setiap hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan meningkatkan efek melatonin, hormon tidur, secara alami.
  10. Meningkatkan kemampuan kognitif
    Berjalan kaki selama satu jam tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan dengan melancarkan aliran darah ke .
  11. Menyehatkan tulang dan sendi
    Berjalan kaki dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan sendi, mengurangi risiko osteoporosis, dan meningkatkan kepadatan tulang dalam jangka panjang.
  12. Menurunkan risiko penyakit kronis
    Berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis seperti obesitas, apnea tidur, refluks asam, depresi, tipe 2, dan hipertensi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, berjalan kaki perlu dilakukan secara teratur dan dalam jangka waktu yang lebih lama. Mulailah dengan durasi dan intensitas yang ringan, lalu tingkatkan secara bertahap. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas berjalan kaki, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Leave a Reply