8 Tips Menghadapi Cuaca Panas Bagi Penderita Diabetes, Cek Hidrasi Tubuh

Avatar
Ilustrasi minum air putih untuk cegah dehirdrasi. (Unsplash.com/engin akyurt)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Pada saat musim panas yang intens menimpa banyak wilayah di negara ini, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah menjaga kesehatan karena cuaca yang sangat panas dapat berdampak negatif pada penderita .

Cuaca yang panas tidak hanya meningkatkan risiko dehidrasi karena sering buang air kecil, tetapi juga membuat tubuh sulit untuk tetap dingin.

banner 225x100

Dilansir dari Hindustan Times pada Minggu, 21 April 2024 panas dan kelembapan dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan seseorang. Beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi dapat memengaruhi respons tubuh terhadap panas atau meningkatkan risiko dehidrasi.

Konsultan dan Ahli dari Pusat Spesialis Diabetes Dr. Mohan memberikan tips penting untuk tetap terhidrasi dan sehat selama .

BACA JUGA: Para Penderita Diabetes Wajib Perhatikan Konsumsi Kalori Saat Lebaran

Berikut tips menghadapai bagi para penderita Diabetes.

  1. Perhatikan Hidrasi Tubuh

Perhatikan status hidrasi tubuh dengan memeriksa warna (kuning pucat menandakan hidrasi yang cukup) dan perhatikan tingkat rasa haus. Minumlah lebih banyak cairan dari biasanya selama .

  1. Minum Banyak Air

Air adalah hal yang sangat dibuthkan dalam menghadapi cuaca panas. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air per hari dan tingkatkan asupan jika Anda banyak berkeringat karena suhu tinggi atau .

  1. Hindari Minuman yang Meningkatkan Dehidrasi

Jauhi minuman berkafein seperti , teh, dan minuman berenergi, serta minuman beralkohol dan ringan. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi kadar darah.

BACA JUGA: Pentingnya Menjaga Kadar Gula Darah Setelah Lebaran, Tidak Hanya Bagi Penderita Diabetes

  1. Tidak Hanya Minum, Konsumsi juga Makanan yang Menghidrasi

Sertakan buah-buahan dan sayuran kaya air dalam diet Anda, seperti mentimun, semangka, jeruk, dan tomat. Makanan ini tidak hanya memberikan hidrasi tetapi juga nutrisi penting.

  1. Tenangkan Diri

Cuaca panas dapat menyebabkan seseorang menjadi gelisah dan menjadi lebih sensitif. Untuk itu, temukan lingkungan yang sejuk selama cuaca terpanas.

Leave a Reply