Pentingnya Menjaga Kadar Gula Darah Setelah Lebaran, Tidak Hanya Bagi Penderita Diabetes

Avatar
Alat cek diabetes (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Dokter spesialis penyakit dalam dari Advanced Diabetes Center di Rumah Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo, yaitu dr. Farid Kurniawan, Sp.PD, Ph.D, mengajak masyarakat untuk melakukan pemantauan terhadap mereka setelah perayaan Lebaran agar dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

“Tetap harus kendali glikemik (gula darah) supaya tetap sehat. Batasi makanan manis-manis dan berkalori tinggi,” kata Farid dalam webinar ‘Kendali Diabetes Pasca Puasa dan Lebaran' yang dipantau di , Sabtu, 20 April 2024.

banner 225x100

Baik bagi individu yang sehat maupun yang sudah menderita diabetes, dr. Farid menekankan pentingnya mengontrol pola makan pasca-Lebaran, khususnya menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Meskipun sehat, orang tetap bisa mengalami masalah seperti atau hiperglikemia akibat konsumsi makanan tinggi gula.

BACA JUGA: Tips Konsumsi Makanan yang Aman Bagi Penderita Diabetes Saat Lebaran

“Asupan lebih tinggi, asupan gula lebih tinggi, akhirnya gula darahnya juga jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya. Kalau keterusan nanti gula darah semakin tinggi,” ujarnya.

Kontrol terhadap dapat dilakukan dengan menjalani dan disiplin dalam mengatur waktu makan. Pola makan yang sehat bisa diwujudkan dengan menerapkan prinsip 3J, yaitu jadwal, jumlah, dan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, termasuk memperhitungkan faktor seperti usia, jenis kelamin, , tinggi badan, dan aktivitas fisik harian.

Masyarakat juga diimbau untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran, untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Selain itu, penting juga untuk mengikuti pedoman porsi makan yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan, di mana setengah piring diisi dengan sayuran dan buah, seperempatnya diisi dengan protein, dan seperempatnya lagi dengan sumber karbohidrat.

BACA JUGA: Para Penderita Diabetes Wajib Perhatikan Konsumsi Kalori Saat Lebaran

Selain aspek makanan, aktivitas fisik juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gula darah. Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan yang masuk dan keluar dari tubuh, meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, dan membantu mengontrol dengan lebih baik.***

Leave a Reply