Tips Konsumsi Makanan yang Aman Bagi Penderita Diabetes Saat Lebaran

Avatar
Ilustrasi ketupat (unsplash/Farhan Azam)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Ahli dari dr. Cipto Mangunkusumo, S.R. Wahyuningrum, SKM, RD memberikan tips konsumsi makanan yang aman bagi penderita saat merayakan Hari Raya Lebaran.

Wahyuningrum menekankan pentingnya mengikuti prinsip 3J dalam pola makan penderita , yaitu jenis, jumlah, dan jadwal. Dari segi jenis makanan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi dan memiliki yang cukup.

banner 225x100

“Kita konsumsi jenis makanan dengan bervariasi dan memenuhi syarat jadi yang berkarbohidrat, ada sumber protein baik hewani maupun nabati, ditambah serat dari dan buah-buahan,” kata Wahyuningrum dalam sebuah sesi diskusi daring yang digelar di Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2024.

Selain itu, porsi makanan yang dikonsumsi juga harus sesuai dengan takaran yang direkomendasikan dan kebutuhan individu.

BACA JUGA: Dokter Spesialis Penyakit Dalam Berikan Tips Agar Lambung Aman Saat Lebaran

Penting juga untuk menjaga jadwal makan yang teratur, dengan mengonsumsi tiga kali makan utama sehari dan dua kali makanan selingan.

“Pada saat puasa jadi dua kali makanan utama yaitu saat sahur dan berbuka dan dua kali makanan selingan pada saat buka puasa sebelum sholat maghrib dan makanan selingan lagi setelah sholat tarawih,” ujarnya.

Ketika merayakan Lebaran, banyak makanan yang tinggi seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan kue kering. Oleh karena itu, penderita perlu mengatur konsumsi makanan Lebaran agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Wahyuningrum menyarankan untuk memilih satu jenis lauk saat makan berat, misalnya memilih antara rendang atau opor ayam dengan catatan daging ayam harus tanpa kulit.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi Saat Perjalanan Mudik

Untuk makanan selingan seperti kue kering, disarankan untuk mengonsumsi 4 sampai 5 buah dalam sehari.

“Itu (konsumsi kue kering) tidak sekali makan dia sebagai pengganti makanan selingan bisa 2 buah selingan pagi 2 di selingan sore,” ujarnya.

BREAK