Dokter Spesialis Penyakit Dalam Berikan Tips Agar Lambung Aman Saat Lebaran

Avatar
Ilustrasi ketupat (unsplash/Farhan Azam)
banner 468x60

NALARNESIA.COM penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fachrial Syam Sp.PD KGEH, memberikan beberapa tips agar tetap bisa menikmati makanan enak saat lebaran tanpa mengganggu pencernaan.

Menurutnya, permasalahan pencernaan bisa terjadi karena peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan perut terasa perih. Selain menggunakan obat penekan asam lambung, Ari merekomendasikan penggunaan suplemen yang mengandung enzim untuk mencegah timbulnya diare.

banner 225x100


“Kalau dirasa sensitif makan obat penekan asam lambung pagi hari setengah jam sebelum makan, bukan antasida,” kata Ari dalam diskusi daring, Kamis, 28 Maret 2024.

Ketika mengonsumsi berbagai macam makanan saat lebaran, pankreas harus keras, dan jika enzim pencernaan belum terisi penuh, hal ini bisa menyebabkan masalah diare setelah makan. Oleh karena itu, Ari menyarankan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali.


BACA JUGA: Jangan Anggap Sepele! Penggunaan Minyak Goreng Berulang Kali Bikin Otak Rusak


“Kalau mau makan macam-macam beli saja tablet enzim pencernaan karena bisa saja pankreas yang istirahat jadi keras, enzimnya belum tersedia lengkap di situ timbullah diare, ini juga ada obat anti kembungnya, kalau makan berlebih kan proses gas juga meningkat,” katanya.

Mengunyah sebanyak 32 kali tidak hanya mengikuti anjuran Nabi Muhammad, tetapi juga memberikan sinyal kepada otak untuk mengontrol konsumsi makanan secara perlahan, sehingga makan tidak dilakukan dengan terburu-buru.

Selain itu, mengunyah dengan baik juga memberikan kesempatan pada lambung dan 12 jari untuk memproses makanan secara perlahan, yang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Ari juga menyarankan agar jika mengonsumsi makanan bersantan, porsinya tetap dijaga agar tidak berlebihan, dan disertai dengan konsumsi dan buah.


BACA JUGA: Pentingnya Mencegah Obesitas, Jangan Sampai Terlambat

dan buah memang mengandung dan , itu bisa mengurangi penyerapan kolesterol di halus kita, jadi silakan makan santan tapi jangan lupa dan buah,” katanya.

Sayur dan buah juga membantu membuat lambung merasa penuh, sehingga memberikan sinyal rasa kenyang yang pada akhirnya dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.***