Proses Pendinginan Kebakaran Gudang Peluru di Ciangsana Berlangsung Selama 10 Jam

Avatar
Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman (kedua kanan) saat memberikan keterangan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). (ANTARA/Rio Feisal)
banner 468x60

NALARNESIA.COM (Sudin ) Timur mengumumkan bahwa proses pendinginan kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa , Kabupaten , telah selesai pada pukul 08.15 WIB.

“Kami menyatakan selesai karena memang titik api yang dari semalam tadi pagi pun masih di angka 85 derajat. Alhamdulillah sudah kami turunkan sampai titik aman,” kata Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Sudin Timur Gatot Sulaeman, di Kabupaten , , Minggu.

banner 225x100

Gatot menjelaskan bahwa proses pendinginan membutuhkan waktu sekitar delapan hingga sepuluh jam.

“Pendinginan lamanya cukup lumayan, ya, dari malam itu kami mematikan di gudang 5 itu sedang pendinginan. Gudang 6 juga kami lakukan pemadaman. Alhamdulillah gudang 6 itu dari jam 01.00, kurang lebih jam 01.00, sudah melakukan pendinginan sampai pagi ini,” jelasnya.

BACA JUGA: Kronologi Ledakan Gudang Peluru di Ciangsana, Bermula Dari Gudang yang Mengeluarkan Asap

Selama proses pendinginan, tidak terjadi ledakan di dua titik lokasi pemadaman, yaitu gudang 5 dan gudang 6. Gatot menjelaskan bahwa petugas tidak diizinkan masuk ke lokasi kebakaran saat terjadi ledakan, sehingga mereka baru dapat masuk setelah ledakan berhenti.

“Kalau ledakan tidak ada karena kami masuk ke dalam sini sudah kondisi memang tidak ada ledakan,” ujarnya.

Tingkat kebakaran pada gudang 6 mencapai hampir 90 persen, sedangkan gudang 5 masih utuh. Gudang 7 dinyatakan aman dari kebakaran, menurut Gatot.

“Kalau kondisi gudang 6 sebenarnya saat kami datang sudah hampir rata, ya. Artinya rata tumpukannya itu di dalamnya itu tidak terlalu seperti menggunung, namun ada bagian mortir yang masih tertimpa oleh robohnya tembok pagar bangunan itu sendiri,” katanya.

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Turut Membantu Penanganan Ledakan Gudang Peluru di Ciangsana

Sebelumnya, Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, Pangdam Jaya, mengumumkan bahwa kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya telah berhasil dipadamkan.

Dia menyebut bahwa petugas telah mengambil langkah-langkah untuk memadamkan api akibat ledakan yang menyebabkan kebakaran gudang nomor 6 Gudmurah Kodam Jaya yang berisi amunisi kedaluwarsa.

BREAK