Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Sumut Operasikan Gerbong Tambahan

Avatar
Penumpang yang akan naik kereta api di Stasiun Kereta Api Medan. KAI Sumut mengoperasikan kereta tambahan untuk antisipasi lonjakan penumpang Lebaran 2024. ANTARA/HO
banner 468x60

NALARNESIA.COM – PT Kereta Api () Divre I Sumatera Utara (Sumut) akan menambah satu kereta api tambahan dengan nama Sribilah Utama Fakultatif untuk rute -Rantau Prapat (PP) mulai 31 Maret hingga 21 April 2024. Kereta ini akan memiliki 530 tempat duduk tambahan.

Manajer Humas PT Divre I Sumut, Anwar Solikhin, menyatakan bahwa penambahan kereta tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat masa angkutan .

banner 225x100

Tiket untuk kereta tambahan ini sudah dapat dipesan sejak Sabtu, 30 Maret 2024, melalui berbagai saluran penjualan resmi seperti aplikasi Access by , web kai.id, dan platform online lainnya.

“Hanya dengan membayar Rp115 ribu hingga Rp120 ribu masyarakat sudah dapat memanfaatkan layanan KA Tambahan Sribilah untuk mudik . Selain itu, hadirnya KA tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan serta merupakan wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan selamat, aman dan nyaman,” kata Anwar dilansir dari ANTARA, Minggu, 31 Maret 2024.

BACA JUGA: Antisipasi Macet Mudik Akibat Banjir, Polri Siapkan Jalur Alternatif

Penjualan tiket di loket stasiun hanya akan melayani tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Total tempat duduk tambahan yang ditambahkan oleh KAI Divre I Sumut untuk kereta Sribilah Utama Fakultatif selama masa angkutan Lebaran mencapai 23.320 tempat duduk, dengan pemberhentian di Stasiun , Tebing Tinggi, Kisaran, Mambang Muda, dan Rantau Prapat (PP).

“Saat ini, cukup dengan aplikasi Access by KAI masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembatalan atau mengubah jadwal perjalanan kereta api tanpa harus datang langsung ke stasiun. Pembatalan dan reschedule/ubah jadwal perjalanan kereta api dapat dilakukan maksimal 1 jam sebelum jadwal KA berangkat dengan kode booking yang dimiliki berstatus paid/terbayar serta belum dicetak sebagai boarding pass,” kata Anwar pula.

BACA JUGA: Kuota Mudik Gratis Kembali Dibuka, Kemenhub Siapkan 722 Bus Untuk Mudik Gratis

Hingga Sabtu, 30 Maret, sebanyak 57.052 tiket kereta api untuk masa Angkutan telah terjual, mencakup 26 persen dari total tiket yang tersedia sebanyak 219.208 tiket. Jumlah penjualan tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung. Masyarakat diharapkan segera melakukan pemesanan karena masih banyak tiket KA Lebaran yang tersedia.

Selain menyediakan kemudahan pemesanan tiket untuk masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api saat Angkutan , PT KAI Divre I Sumut juga memberikan kemudahan bagi mereka yang perlu membatalkan tiket.***

Leave a Reply