Cuaca Panas Mempengaruhi Kesehatan Mental Seseorang

Avatar
Ilustrasi cuaca panas (unsplash.com/zaitsart)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet menyatakan bahwa panas ekstrem dapat memiliki dampak serius pada kesehatan seseorang, termasuk meningkatkan tingkat agresi, perilaku bunuh diri, kecenderungan , dan peningkatan .

“Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa suhu di luar ruangan dapat memengaruhi kesehatan , yang khususnya mengkhawatirkan dalam konteks ,” tulis penelitian tersebut dilansir dari Hindustan Times pada Jumat, 3 Mei 2024.

banner 225x100

Analisis tersebut menemukan hubungan antara suhu lingkungan dengan percobaan bunuh diri, kunjungan ke rumah atau penerimaan rawat inap karena masalah kesehatan , serta dampak negatif pada kesehatan mental dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

BACA JUGA: Masa Kecil yang Bahagia Turunkan Resiko Depresi dan Kecemasan Anak Remaja

“Dari meningkatnya kecemasan hingga meningkatnya , panas terik dapat melampaui dunia fisik dan masuk ke dalam jiwa dari individu yang sudah bergulat dengan tekanan kehidupan modern. Temperatur yang lebih tinggi dapat menyebabkan orang merasa lebih marah, frustrasi, dan mudah tersinggung,” katanya.

Sucheta Gore, seorang psikolog dari Mpower, menyarankan agar orang tetap berada di dalam rumah selama periode gelombang panas dan mengambil langkah-langkah dengan hati-hati dalam melakukan aktivitas.

Gore juga mencatat bahwa panas ekstrem dapat meningkatkan kemarahan dan kepekaan emosional seseorang, sehingga penting untuk tidak mengabaikan kesehatan mental dan mengambil langkah-langkah untuk merawatnya.

BACA JUGA: Prabowo Berharap Bisa Berdiskusi Bersama Para Mantan Presiden RI

Risiko tekanan emosional dan masalah kesehatan mental lainnya juga meningkat selama periode panas ekstrem. Penelitian menunjukkan bahwa tekanan panas dapat mengganggu fungsi area otak yang bertanggung jawab untuk tugas-tugas kognitif yang kompleks.

Gore menyarankan beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga kesehatan mental selama periode panas ekstrem, seperti menjaga hidrasi, mengonsumsi makanan sehat, membatasi aktivitas di luar ruangan, menggunakan pakaian yang nyaman, membatasi konsumsi dan , serta meluangkan waktu untuk perawatan diri seperti mandi dengan air dingin.***

Leave a Reply