Dapat Rumah RITTA Gratis, Ini Kata Tukang Becak Motor di Kota Prabumulih

Avatar
Para tukang becak motor di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan kini bisa memiliki Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) secara gratis. (Dok. Kemen PUPR)
banner 468x60

SUMATERA SELATAN, NALARNESIA.com – Jika dahulu Para , pemulung dan penyandang disabilitas di Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan sulit mendapatkan akses pembiayaan pembelian rumah kini mereka bisa memiliki Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa () dan sehat secara gratis dari pemerintah.

Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kota Prabumulih dengan sejumlah mitra kerja di sektor perumahan seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan, perbankan serta perusahaan cat di Sumatera Selatan.

banner 225x100

“Kementerian PUPR akan terus mendorong kolaborasi dengan berbagai mitra kerja untuk membantu masyarakat guna mewujudkan impian mereka memiliki rumah layak huni. Salah satunya adalah melalui Program pembangunan di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan yang diperuntukkan bagi masyarakat sektor informal,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di , Selasa, 19 Desember 2023.

BACA JUGA: Praperadilan Firli Bahuri Ditolak, Polda Metro Siapkan Langkah Lanjutan

Salah seorang penerima bantuan RITTA, M Butar-butar (65 tahun) mengaku dirinya sangat senang karena pemerintah masih peduli dan memberikan bantuan rumah secara gratis pada para . Apalagi rumahnya juga layak dan memiliki konstruksi yang kuat dan tahan gempa serta dilengkapi jalan yang sudah di cor beton.

Menurut pria yang sehari-hari sebagai pengemudi becak motor di kawasan Kantor Pamong Praja Kota Prabumulih,  selama ini dirinya hanya mengontrak di rumah petak dengan biaya sewa Rp 200 ribu per bulan. Dirinya pun tidak pernah bermimpi bisa memiliki rumah bagus karena penghasilannya sehari cuma Rp 10 ribu dan kadang bahkan tidak mencukupi untuk biaya hidup dan makan sehari-hari.

“Saya senang sekali bisa dapat bantuan rumah ini dan mengucapkan terimakasih kepada semoga sehat selalu karena program perumahan ini sangat bermanfaat. Bangunannya juga bagus dan syaratnya tidak sulit karena pihak Pemerintah Kota Prabumulih mendata para dan meminta KTP dan KK serta di survey dulu sebelum dapat rumah ini secara gratis,” terangnya.

BACA JUGA: Ditanya Perbedaan Politik Identitas dengan Identitas Politik, Ini Penjelasan Mahfud MD

Hal senada penerima bantuan RITTA lainnya yakni Masriyah. Menurut Ibu berusia 57 tahun itu, pemerintah memberikan bantuan rumah secara gratis karena anaknya merupakan penyandang disabilitas.

“Saya sehari-hari hanya mengandalkan penghasilan dari berdagang mayur dan makanan yang hasilnya tidak tetap. Saya sangat bersyukur dan berharap program ini bisa dilanjutkan karena memang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Mokasih Pak Presiden , Rumahnyo Bagus Nian,” ujarnya sambil terisak.

Selain itu, juga menggandeng mitra kerja di sektor perumahan seperti perusahaan cat PT. Mowilex Indonesia di Sumatera Selatan.

Leave a Reply