Kamu Wajib Tau! Kondisi Kulit Dipengaruhi oleh Kesehatan Usus

Avatar
Ilustrasi wajah (unsplash.com/Coline Haslé)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan berperan penting dalam kondisi dan kekebalan tubuh. sebagai organ terbesar dalam tubuh tidak hanya berfungsi sebagai pelindung pertama terhadap bakteri dan patogen, tetapi juga sebagai mekanisme pengeluaran racun dan limbah.

Hubungan antara dan sangat erat. Mikrobioma , yaitu kumpulan mikroorganisme dalam usus, berperan dalam kesehatan kulit dengan memengaruhi kondisi kulit dan proses penyembuhan luka.

banner 225x100

“Tidak hanya mikrobioma kulit yang berubah, tetapi secara mengejutkan banyak penyakit kulit juga disertai dengan perubahan ,” para penulis penelitian mencatat.

BACA JUGA:

Studi juga menunjukkan bahwa gangguan pada kulit dapat mempengaruhi pertahanan usus dan komposisi mikrobioma usus.

Mikrobioma merupakan pengatur utama sistem kekebalan tubuh, dan disfungsi dalam keseimbangannya dapat mengubah respons imun dan menyebabkan penyakit kulit.

Contohnya, minum dapat memicu gangguan pencernaan dan masalah kulit seperti ruam atau .

BACA JUGA:

Untuk mendukung dan kulit, penting untuk mengonsumsi makanan sehat, menjaga kesehatan kulit dengan penggunaan pembersih yang lembut, dan pelembap, serta menghindari mandi air panas yang dapat merusak kulit sebagai penghalang pertama terhadap infeksi.***

Leave a Reply