Kementerian PUPR Siap Rampungkan 190 Huntap Tahap 3 di Cianjur

Avatar
Hunian Tetap (Huntap) Pasca Bencana Gempa Bumi Tahap 3 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
banner 468x60

CIANJAR, NALARNESIA.COM , Jawa Barat – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan siap merampungkan sebanyak 190 unit Hunian Tetap () Pasca Bencana Gempa Bumi Tahap 3 di Kabupaten , Jawa Barat.

Pembangunan Tahap 3 dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT. Brantas Abiparaya (Persero) di atas lahan seluas 27,4 hektar (Ha) terdiri dari tujuh blok dengan tipe rumah 36/75 yang dilengkapi dengan balai warga, mushola, reservoir, gapura, pos keamanan dan tempat pengelolaan sampah (TPS).

banner 225x100

“Kami akan terus berupaya agar masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi di Kabupaten bisa segera tinggal di hunian yang layak. Pembangunan merupakan salah satu upaya relokasi masyarakat agar bisa pindah ke kawasan yang lebih aman,” ujar Direktur Jenderal Perumahan , Iwan Suprijanto di , beberapa waktu lalu.

Menurut Iwan, pemerintah terus berupaya agar masyarakat yang terdampak bencana alam khususnya mereka yang berada di kawasan rawan bencana bisa segera pindah ke Huntap. Untuk itu, pihaknya melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa II Direktorat Jenderal Perumahan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur agar pembangunan Huntap dapat berjalan dengan baik di lapangan.

BACA JUGA: Pastikan Komitmen Pembangunan IKN Berjalan, Pemerintah Lakukan Groundbreaking Setiap Bulan

“Pembangunan Huntap merupakan wujud nyata bahwa negara benar-benar hadir untuk membantu masyarakat dalam penyediaan hunian layak pasca bencana alam. Kami juga menggunakan teknologi pembangunan rumah tahan gempa untuk mengantisipasi jika bencana alam terjadi sewaktu-waktu,” katanya.

Sementara itu, Project Manager Huntap Tahap 3 dari PT. Brantas Abiparaya(Persero), Lutfi Setyowibowo didampingi Site Operational Manager Huntap Tahap 3, Khalid Pakapradana menerangkan, hingga pekan kedua bulan Januari ini pihaknya tengah menyelesaikan landskap Huntap yang dibangun disamping Kantor Kabupaten Cianjur.

Selain itu, juga mempercepat pembangunan prasarana, sarana dan utilitas seperti jalan lingkungan dan saluran air.

Dirinya menambahkan, jumlah Huntap yang dibangun sebanyak 190 unit dengan unit hunian tipe 36 dan luas kavling 75 meter persegi serta terdiri dari tujuh blok yakni Blok A (28 unit), Blok (38 unit), Blok C (43 unit), Blok D (36 unit), Blok E (17 unit), Blok F (20 unit) dan Blok G (8 unit).

Leave a Reply