Mencegah Obesitas Dengan Cara Mindfull Eating, Makan Secara Sadar

Avatar
Ilustrasi obesitas (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Ahli dan pembuat konten edukasi kesehatan, Putri MJ, menyatakan bahwa obesitas dapat dihindari dengan menerapkan mindful eating atau makan secara sadar untuk mengontrol asupan kalori harian.

“Untuk mencegah obesitas bisa terapkan mindful eating atau makan secara sadar, ini sebenarnya bisa bantu untuk diet penurunan tanpa merasa dengan diet ketat,” katanya dalam diskusi tentang obesitas di , Senin, 4 Maret 2024.

banner 225x100

Alumnus Universitas Diponegoro ini menekankan bahwa makan secara sadar berarti makan tanpa gangguan, yang memungkinkan kontrol terhadap jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi.

“Itu pentingnya in the moment, menikmati proses makan tanpa distraksi, menikmati aroma, rasa, tekstur, jadi lebih menikmati proses makan, bukan sekedar pelarian, makan dengan cepat atau enggak sadar (apa saja yang dimakan),” katanya.

BACA JUGA: Pentingnya Mencegah Obesitas, Jangan Sampai Terlambat

Putri juga menyoroti pentingnya memahami respons tubuh, seperti membedakan lapar fisiologis dan lapar .

Lapar sering muncul saat terpapar tayangan tentang makanan atau terpapar aroma makanan yang menggoda. Hal ini bisa membuat seseorang merasa lapar meskipun tubuh sebenarnya tidak memerlukan makanan.

Makan berdasarkan lapar dapat mengakibatkan asupan kalori berlebihan dan penimbunan lemak dalam tubuh.

Putri menyarankan untuk makan sesuai kebutuhan saat tubuh merasa lapar secara fisiologis.

BACA JUGA: Bingung Makan Apa? Ini 5 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Selain itu, dia menekankan pentingnya menyeimbangkan kebiasaan makan secara sadar dengan olahraga rutin, yakni 150 hingga 420 menit per minggu atau 30 hingga 45 menit setiap hari jika tujuannya adalah menurunkan .

“Pencegahan obesitas bisa dikontrol dengan mengganti pola makannya dengan diet seimbang, gerak dan olahraga, dan memilih makanan padat ,” kata Putri.***