Menteri PUPR Bantah Ada Keretakan pada Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Akibat Gempa Sumedang

Avatar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memantau pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Tol Cisumdawu) di Jawa Barat. (Dok Kementerian PUPR)
banner 468x60

BANYUMAS, NALARNESIA.com Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat () mengatakan, tidak terjadi keretakan pada , .

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan gempa bumi di Kabupaten Sumedang dengan skala M 4.8 pada 31 Desember 2023 malam menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding .

banner 225x100

Menurut Basuki, bahwa yang terjadi bukan keretakan tetapi yang dilihat secara visual keretakan tersebut adalah sambungan dan memastikan, atau twin tunnel tersebut aman untuk dilalui kendaraan,” kata Basuki saat meninjau revitalisasi Kota Lama Banyumas, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).

BACA JUGA: Jaksa Agung Tegaskan Tidak Ada Politisasi Kasus Jubir AMIN dan Tak Berlaku Moratorium, Ini Alasan Burhanuddin

“Itu hanya karena gempa, orang (jadi) melihat itu, kalau tidak ada gempa orang mungkin tidak memperhatikan itu. Tapi kami tidak lengah ada berita itu, tapi masih aman untuk dilalui,” jelasnya.

Menteri Basuki berpendapat, hal ini karena terjadi gempa, sehingga masyarakat melihat sambungan-sambungan pada terowongan tersebut dan sebaliknya jika tidak ada gempa kemungkinan masyarakat tidak memerhatikan hal itu.

Meski begitu, dia memastikan kementeriannya tidak lengah dengan adanya berita tersebut dan akan menyelidikinya, serta menegaskan bahwa terowongan sangat aman untuk dilalui saat ini. “Tapi aman dilalui, masih aman dilalui,” ungkapnya.

Leave a Reply