Partai Gerindra Kabupaten Bogor Siapkan Koalisis Besar Untuk Pilkada, Dikabarkan akan Gandeng PKB

Avatar
Pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor di Kantor DPC PKB Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024). (ANTARA/M Fikri Setiawan)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sedang merencanakan pembentukan koalisi besar untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat.

Mereka percaya bahwa melibatkan berbagai pihak adalah kunci untuk memastikan pembangunan merata di wilayah tersebut, yang memiliki populasi sekitar 5,6 juta jiwa tersebar di 40 kecamatan.

banner 225x100

“Kita ingin koalisi besar, karena untuk membangun Bogor koalisinya harus koalisi besar,” ungkap Ketua DPC Partai Kabupaten Bogor Iwan Setiawan saat berkunjung ke Kantor DPC Kabupaten Bogor di Cibinong, Rabu, 8 Mei 2024.

Hingga saat ini, DPC Partai di Kabupaten Bogor telah berkomunikasi dengan beberapa partai politik lain seperti , NasDem, Demokrat, dan .

BACA JUGA: Berkunjung ke Kantor DPP PKB Usai Ditetapkan Sebagai Pemenang, Prabowo: Sudah Selesai

“Kalau dengan sepertinya harus (koalisi) karena di sudah deklarasi. PKB katanya akan istikharah dulu,” kata Iwan yang pernah menjabat Bupati Bogor di tahun 2023.

Meskipun Partai Gerindra di Kabupaten Bogor memiliki modal dengan meraih 12 kursi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 dan bisa saja mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri dalam , namun mereka tetap memegang prinsip bahwa partai yang menang tidak bisa berjalan sendiri, sesuai dengan pandangan Ketua Umum Prabowo Subianto.

“Kalau dengan PKB sepertinya harus (koalisi) karena di Kota Bogor sudah deklarasi. PKB katanya akan istikharah dulu,” kata Iwan yang pernah menjabat Bupati Bogor di tahun 2023.

Ketua DPC PKB Kabupaten Bogor, Ediwin Sumarga, merespons kunjungan pengurus DPC Partai Gerindra dengan sikap positif.

BACA JUGA: Survei EPI Center: Gerindra Ungguli PDI Perjuangan, PSI Berpeluang Melenggang ke Senayan, PPP Terancam Jadi Partai Non Parlemen

“Saya sepakat harus sering komunikasi antar elit Kabupaten Bogor, untuk menyelesaikan permasalahan daerah,” ungkap Edwin.

Dia mengingatkan bahwa PKB Kabupaten Bogor sebelumnya pernah berkoalisi dengan Partai Gerindra dan pada Pilkada Kabupaten Bogor tahun 2018, dan koalisi tersebut berhasil memenangkan pasangan Ade Yasin-Iwan Setiawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023.***

Leave a Reply