Pemilu Dua Putaran Akan Tingkatkan Konsumsi Masyarakat, BI Prediksi 2024 Ekonomi Indonesia Tumbuh Sampai 5,5 Persen

Avatar
Ilustrasi Pemilu dua putaran dorong konsumsi naik signifikan (Dok. Bi.go.id
banner 468x60

, NALARNESIA.com – Deputi Gubernur Bank () Aida S Budiman mengatakan () dua putaran akan berdampak lebih besar ke konsumsi, yakni sekitar 0,6 persen terhadap konsumsi.

“Besarnya (dampak) akan lebih besar di 2024. Hitungannya tergantung apakah kita satu atau dua putaran. Kalau dua putaran mungkin dia (dampaknya) bisa sekitar 0,6 persen terhadap konsumsi,” kata Aida dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulan Desember 2023 di , Kamis.

banner 225x100

Ia menuturkan akan meningkatkan konsumsi baik konsumsi pemerintah maupun konsumsi swasta sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA: Politisasi Kata “Amin” dalam Shalat, Ketum MUI: Tidak Ada Urusan dengan Anies

Dampak pemilu terhadap ekonomi sudah mulai dirasakan pada 2023 karena adanya persiapan menuju pemilu, dan akan semakin besar di tahun 2024 sebagai tahun penyelenggaraan pemilu.

Lebih lanjut Aida mengatakan pada 2024, kinerja konsumsi, baik swasta maupun pemerintah, dan diperkirakan terus meningkat sejalan dengan keyakinan konsumsi masyarakat yang tetap kuat, dampak positif pelaksanaan pemilu, serta keberlanjutan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dengan perkembangan tersebut, memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2024 berada di kisaran 4,7 sampai 5,5 persen.

BACA JUGA: Tingkatkan Nilai Tambah Industri Perkebunan, Mentan Tegaskan Pentingnya Hilirisasi Sawit di Indonesia

Leave a Reply