Pengalaman Petugas PJLP Memakamkan Korban Covid-19: Tanpa Istirahat

Avatar
Pengalaman Petugas PJLP Memakamkan Korban Covid-19: Tanpa Istirahat (Nalarnesia.com/Muhamad Iqbal Fathurahman)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Pandemi beberapa tahun lalu masih meninggalkan luka bagi masyarakat. Salah satu cerita datang dari petugas Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP), Endih yang bertugas di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, , .

Endih merupakan petugas yang turut terlibat dalam proses pemakaman korban virus . Setiap pagi ia menyaksikan puluhan ambulan telah memasuki area pemakaman .

banner 225x100

“Paling parahnya itu bulan Juli 2020, gaada berhentinya, kita kerja benar-benar dari pagi, dari jam 6 teng ambulan udah ngetem,” kata Endih.

Sebagai petugas, ia mengaku tanpa mengenal waktu saat masa pandemi tahun 2020 lalu. Endih menuturkan hampir setiap hari selama masa pandemi, dirinya bisa memakamkan 40-50 jenazah.

BACA JUGA: KontraS Desak Jokowi Setop Semua Operasi Militer di Tanah Papua: Tak Terbukti Bisa Meredam Konflik

“Itu paling banyak 40-an sehari,” kata dia.

Di suatu kesempatan Endih bahkan mengaku tidak memiliki waktu istirahat. Ia mengatakan dirinya pernah hingga tengah malam.

Namun saat hendak kembali ke rumah dan berisitirahat, ada jenazah lain dari luar kota yang akan dimakamkan di sini. Alhasil, ia dan kawan-kawan kembali menunggu hingga pagi.

“Ada lagi jam 12 (malam) kita baru mau pulang dari sini, ada lagi yang dari luar kota mau dimakamkan, kita tunggu sampe jam 2 lagi,” kata dia.

Ribuan jenazah yang datang ke membuat areal pemakaman itu kehabisan kapasitas. Pemerintah memutuskan untuk mengalihkannya ke TPU Bambu Apus, Endih dan kawan-kawan juga dipindahkan kesana.

BACA JUGA: Ratusan Buruh Menggelar Aksi Gedung DPR RI

“Pernah penuh, tapi pindah ke Bambu Apus, saya juga dipindahin kesono, kalo dari PJLP sini, digilir seminggu-seminggu kesana,”

Pemindahan Endih dan kawan-kawan itu dilakukan secara bergilir setiap periode satu Minggu. Hal itu dilakukan karena petugas PJLP di TPU Bambu Apus tidak sebanyak di .

Leave a Reply