Perhatikan Momen dan Jenis Makanan yang Tepat Untuk Diet agar Maksimal

Avatar
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna (unsplash.com/Eduardo Roda Lopes)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Melakukan secara sehat untuk mencapai berat badan ideal akan menjadi lebih mudah jika kamu memahami jenis dan yang tepat.

bukan berarti tidak makan sama sekali, melainkan mengurangi porsi makan agar terjadi defisit kalori. Meski begitu, tubuh tetap memerlukan nutrisi dan kalori yang cukup agar dapat berfungsi secara optimal dan tetap sehat.

banner 225x100

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat :

  1. Telur
    Telur merupakan makanan yang kaya akan protein dan nutrisi lengkap, sangat bagus untuk diet. Jenis telur yang dapat dikonsumsi termasuk telur ayam, bebek, dan puyuh. Telur dapat memberikan rasa kenyang dan membantu menghindari makan berlebihan karena mengandung vitamin A, vitamin B, , folat, dan omega-3.

BACA JUGA: 5 Buah yang Penting untuk Menemani Diet, Dijamin Langsing

  1. Tahu dan Tempe
    Tahu dan tempe adalah makanan sehari-hari yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Makanan dari kacang kedelai ini mengandung protein nabati rendah kalori, sangat mendukung proses diet. Kamu bisa mengonsumsi tahu dan tempe dengan cara dikukus, dipanggang, digoreng, atau ditumis sesuai selera.
  2. Kentang
    Jika dikonsumsi dengan cara dipanggang atau direbus, kentang bisa menjadi pilihan makanan rendah kalori yang baik untuk diet. Kentang memiliki serat dan protein yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.
  3. Ikan
    Ikan mengandung asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan termasuk selenium dan . Ikan memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama saat diet. Namun, disarankan untuk mengonsumsi 150–300 gram ikan laut yang mengandung merkuri rendah, seperti lele, salmon, dan sarden, dan menghindari ikan dengan merkuri tinggi seperti tuna dan tongkol.
  4. Sayuran
    Sayuran seperti brokoli, bayam, kembang kol, dan wortel sangat baik untuk diet karena tinggi serat dan rendah kalori. Sayuran ini membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengatur nafsu makan. Kamu bisa mengonsumsi sayuran ini dengan cara dikukus, digoreng, atau dijadikan isi salad atau gado-gado.

BACA JUGA: Usai Pesta Daging Segera Konsumsi Pepaya untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

  1. Daging Tanpa Lemak
    tanpa lemak dan dada ayam tanpa kulit adalah pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Daging ini rendah lemak jenuh tetapi kaya protein dan zat besi, membantu dalam penurunan berat badan.

Selain itu, memperhatikan juga penting. yang ideal untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:

  • Sarapan: satu hingga dua jam sebelum melakukan aktivitas.
  • Camilan: dua hingga tiga jam setelah sarapan.
  • Makan siang: dua hingga tiga jam setelah camilan.
  • Makan malam: dua hingga tiga jam sebelum tidur.

Berdasarkan rekomendasi dari Halodoc, berikut jadwal makan yang tepat untuk diet:

  • Sarapan: sekitar pukul 7 pagi.
  • Makan siang: antara pukul 12.30 dan 13.00.
  • Makan malam: antara pukul 18.00 dan 18.30.***

Leave a Reply