Seiring Pembangunan IKN, Pemindahan ASN Mulai Dipetakan Kaltim Dapat Kuota 5 Persen

Avatar
Ilustrasi ASN saat apel di halaman Kantor Gubernur Kaltim. ANTARA/Ahmad Rifandi
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Kebutuhan () di Nusantara () terus dipetakan sesuai dengan perkembangan pembangunannya. diberikan kuota khusus sebesar 5 persen, kata Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur , Aba Subagja.

“Ini jumlahnya cukup besar,” ujarnya.

banner 225x100

Aba Subagja menyampaikan di Samarinda pada Selasa, 9 Juli 2024, bahwa putra-putri Kaltim memiliki kuota sekitar 2.000 dari total 40.021 formasi yang tersedia pada tahun 2024.

“Menjadi bagian dari sejarah awal IKN dan membangun karier di lingkungan pemerintahan modern merupakan kesempatan yang tak boleh dilewatkan,” ucap Aba.

BACA JUGA: Komisi III DPR RI Sebut Usia Pensiun Anggota TNI-Polri Mesti Sama Dengan ASN

Formasi ini akan tersebar di berbagai kementerian dan lembaga pemerintahan pusat di IKN. Putra-putri Kaltim akan bersaing dengan pelamar lain dari seluruh Indonesia.

“Ini adalah kesempatan bagi putra/putri Kaltim untuk menunjukkan kemampuan dan berkontribusi bagi bangsa dan negara. Persiapkan diri dengan baik dan rebutlah peluang emas ini,” pesan Aba.

Pembukaan formasi ASN di IKN merupakan tahap awal dari rencana pemindahan sekitar 2.000.000 ASN.

Pemerintah juga mempertimbangkan kemampuan negara dalam menyediakan hunian bagi ASN yang pindah ke IKN, baik ASN dari kementerian/ maupun ASN baru.

BACA JUGA: Sejumlah Menteri Mulai Bahas Perpindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara

Ia menyatakan bahwa pendaftaran untuk menjadi ASN di IKN akan mengikuti mekanisme yang sama dengan pendaftaran CPNS dan PPPK pada umumnya.

Informasi terkait persyaratan dan mekanisme pendaftaran, kata Aba, akan diumumkan secara resmi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ().

Leave a Reply