Polsek Tanah Abang Dicopot Usai Insiden Tahanan Kabur

Avatar
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro gelar konferensi pers terkait tahanan yang kabur dari Polsek Tanah Abang di Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024). ANTARA/Lifia Mawaddah Putri.
banner 468x60

NALARNESIA.COM, Irjen Pol Karyoto memutuskan untuk memberhentikan Kompol Hans Philip Samosir dari jabatannya sebagai Kapolsek Tanah Abang.

“Benar (soal dicopotnya Hans Philip sebagai Kapolsek Tanah Abang)” kata Kabid Humas Kombes Pol Ade Ary Syam Indardi saat dikonfirmasi, di Jakarta, Minggu.

banner 225x100

Hal itu dilakukan sebagai konsekuensi dari insiden pelarian 16 tahanan dari kantor penegak hukum pada Senin, 19 Februari 2024. Pencopotan tersebut berdasarkan surat rahasia dari yang dikeluarkan pada Jumat, 23 Februari 2024.

Kompol Hans Philip kemudian dipindahkan dan menjabat sebagai Kanit I Bagwasiddik . Posisi Kapolsek Tanah Abang saat ini dipegang oleh AKBP Aditya Simanggara Pratama.

BACA JUGA: Direktur Bulog Tinjau Kesiapan Panen di Jawa Tengah Guna Menjamin Ketersediaan Stok Beras

Ade Ary, meskipun mengonfirmasi informasi tersebut, enggan memberikan banyak komentar terkait mutasi Kompol Hans Philip.

Dia hanya menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil semata-mata untuk memenuhi kebutuhan organisasi di internal Polri.

“(Untuk) kebutuhan organisasi,” kata Ade Ary.

Sebelumnya, belasan tahanan Polres Metro Tanah Abang melarikan diri pada Senin,19 Februari 2024 sekira pukul 02.40 WIB dini hari. Total ada 16 orang tahanan yang kabur. Namun, dua di antaranya sudah berhasil ditangkap kembali pada hari yang sama.

BACA JUGA: Konsumsi Gula Berlebihan Bisa Bikin Cemas, Hindari Sekarang Juga!

Pada 22 Februari lalu, juga telah berhasil menangkap delapan orang tahanan lainnya. Tak hanya itu, juga menangkap RA yang membantu para tahanan untuk kabur dari dengan membawakan gergaji.

Hingga kini masih mencari enam orang tahanan lainnya yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).***