Tips Jaga Kesehatan Ibu Pasca Melahirkan

Avatar
Ilustrasi hamil (Unsplash.com/Camylla Battani)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Menyongsong kehidupan baru di dunia merupakan perjalanan yang luar biasa, dan sebagai seorang ibu baru, memberikan prioritas pada kesehatan menjadi hal yang sangat penting, baik untuk diri sendiri maupun .

Kesehatan yang baik setelah persalinan dapat menjadi dasar kesejahteraan yang akan memberdayakan Anda selama masa transformatif ini.

banner 225x100

Konsultan dan Seks, Dr. Madhura Samudra, menyarankan kepada ibu baru untuk memberikan perhatian khusus pada istirahat yang cukup. Istirahat yang memadai memiliki peran penting dalam proses pemulihan dan membantu mengatasi tantangan fisik dan yang dihadapi sebagai seorang ibu.

Pentingnya menciptakan sistem dukungan yang memberikan waktu untuk istirahat dan pemulihan juga ditekankan. Penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang mungkin menunjukkan adanya atau , dan jika diperlukan, mendapatkan bantuan profesional serta berinteraksi dengan kelompok pendukung untuk memahami lebih lanjut mengenai perasaan Anda.

BACA JUGA:

“Memberdayakan peran sebagai ibu memerlukan pendekatan holistik yang mencakup kesejahteraan fisik, emosional, dan . Dengan memprioritaskan kesehatan pasca melahirkan, para ibu dapat memastikan transisi yang lebih lancar menjadi orang dan membangun landasan yang kuat bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka,” kata dr. Samudra.

Selain itu, menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan perawatan diri seperti mandi air hangat, membaca buku, atau bahkan tidur siang juga direkomendasikan. Menetapkan rutinitas kebugaran yang konsisten memang bermanfaat, namun penting untuk tetap fleksibel mengingat dinamika menjadi seorang ibu.

Sesuaikan latihan kebugaran dengan jadwal Anda, dan kembangkan pola pikir positif terhadap kebugaran.***