Tips Memasak Daging Sesuai Tingkat Kematangan, Agar Tidak Sakit Perut

Avatar
ilustrasi daging. (Unsplash.com/Sergey Kotenev)
banner 468x60

NALARNESIA.COM -Juru masak dari restoran kuliner panggang ala dan GrillMan, Haryadi memberikan panduan tentang cara menyajikan daging panggang ala dan cara mengontrol tingkat sesuai dengan preferensi.

Langkah awal dalam memasak daging panggang ala adalah memanaskan alat pemanggang. Saat alat pemanggang sudah mencapai suhu yang optimal, akan terdengar desisan ketika daging bersentuhan dengan permukaannya.

banner 225x100

Setelah alat pemanggang cukup panas, proses pemanggangan daging dapat dimulai. Haryadi menekankan bahwa tingkat panggang dapat diatur, bisa mencapai tingkat medium atau medium well, disesuaikan dengan selera dan tebalnya potongan daging.

“Untuk tingkat kematangan terserah dari orang itu sendiri mau medium atau medium well dan tergantung dari ketebalan daging sendiri,” kata Haryadi dikutip dari Antara, Kamis, 22 Februari 2024.

BACA JUGA:Kisah Kuli Panggul Beras, Rela Angkut 1 Ton Beras Demi 15 Ribu

Tingkat kematangan medium didapat dengan memanggang daging pada suhu 60 sampai 65 derajat Celsius selama 6 menit pada satu sisi dan 4 menit untuk sisi lainnya. Sementara pada tingkat kematangan medium well, daging dipanggang dengan suhu 65 sampai 70 derajat Celsius selama 7 menit pada satu sisi dan 5 menit untuk sisi lainnya.

Menurut Haryadi, menyantap daging panggang a la Korea sebaiknya dibalurkan dengan berbagai saus khas Korea seperti gochujang dan doenjang. Bila daging panggang disajikan dengan ukuran kecil, bisa dikombinasikan dengan daun selada yakni membungkus daging dengan daun selada untuk dilahap bersamaan.

Selain dengan saus Korea, hidangan daging panggang juga bisa dipadukan dengan kimchi dan bawang putih yang sebelumnya juga sudah dipanggang.

“Daging yang sudah matang seperti itu, bisa ditambah dengan kimchi dan bawang putih yang sudah dipanggang,” kata Haryadi.

BACA JUGA: Imbas Kenaikan Harga Beras, Harga Nasi Warteg Juga Ikut Naik

Hal yang membedakan daging panggang khas Korea dengan negara lain, seperti , terletak pada saus yang digunakan. Menurut dia, cara pengolahan maupun penyajian daging antara Korea dengan lainnya tidak jauh berbeda.

Daging panggang a la Korea biasanya menggunakan saus gochujang atau pasta cabai, sementara menggunakan kecap asin.***