15 Konglomerat Fix Investasi di IKN, Ada Siapa dan Apa Saja Proyeknya, Cek di Sini

Avatar
Ibu Kota Nasantara (IKN). (Istimewa)
banner 468x60

IKN, NALARNESIA.com – Pembangunan Nusantara (IKN) mengalami kemajuan sigfikan di awal tahun ini. Pasalnya sejumlah konglomerat dikabarkan telah berinvestasi di megaproyek yang digagas oleh () itu.

Sederat konglomerat dan termasuk orang-orang terkaya di Indonesia itu antara lain, bos Agung Sedayu Group, hingga pemilik Barito Pacific, . Sedikitnya ada 15 konglomerat yang telah merealisasikan di IKN.

banner 225x100

Perusahaan-perusahaan raksasa ini bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang. Mereka akan mulai membangun berbagai proyek sesuai kepentingannya.

BACA JUGA: 7 Tips Jual Rumah Bandung Dengan Cepat, Dijamin Tidak Alami Kesulitan

Di antara mereka ada yang membentuk konsorsium dan ada juga yang tapi bukan untuk komersil. Konsorsium tersebut terdiri dari 10 perusahaan raksasa yaitu Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Pulauintan, Salim Group, Adaro, Barito Pacific, Astra, Mulia Group, Kawan Lama, dan Alfa Group.

Total nilai yang telah diguyurkan oleh konsorsium Nusantara khusus pada proyek mixed used development berupa mal, hotel dan perkantoran di IKN dilaporkan mencapai Rp20 triliun. Salah satu proyek konsorsium yang tengah berjalan pembangunannya saat ini ialah Hotel Nusantara.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Nusantara Agung Wicaksono mengatakan, meski daftarnya sudah ada untuk per perusahaan dan per proyek namun untuk nilai investasinya belum bisa dia ungkapkan.

BACA JUGA: HUKUM PROPERTI: Beda Luas Tanah (Girik) dengan Fakta Lapangan, Mana yang diPakai?

“Investasi groundbreaking Januari-Februari, saya belum bisa sebut nilainya, tapi perusahaannya ada 15 yang ada di dalam pipeline,” kata Agung saat konferensi pers secara daring, akhir pekan lalu.

Leave a Reply