Jumlah Investasi Apple di Indonesia Beda dengan Vietnam: Di Indo Lebih Kecil?

Avatar
Logo Apple (Unsplash/Sumudu Mohottige)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – CEO Apple, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu, 17 April 2024. Dalam pertemuan tersebut, menyatakan komitmen Apple untuk melakukan investasi di .

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mengatakan bahwa Apple telah menandatangani perjanjian investasi terbaru yang memuat pembangunan infrastruktur pendidikan, khususnya Apple Developer Academy keempat di .

banner 225x100

Sebelumnya, Apple sudah memiliki tiga Apple Developer Academy di , yang terletak di Tangerang Selatan, Batam, dan Surabaya. Dengan tambahan pembangunan di Bali, Apple di kini mencapai sekitar Rp 1,6 triliun.

juga mengunjungi Vietnam sebelum Indonesia untuk membahas investasi di sana. Meski tambahan untuk Vietnam tidak diungkap secara detail, laporan menyebutkan bahwa Apple telah menginvestasikan sekitar 400 triliun dong Vietnam atau sekitar Rp 255 triliun, menciptakan sekitar 200.000 lapangan kerja.

BACA JUGA: Bos Apple Datang ke Indonesia, Bahas Investasi di Istana Bersama Jokowi

Perbandingan Apple antara Indonesia dan Vietnam menunjukkan bahwa investasi Apple di Vietnam jauh lebih tinggi. Namun, Apple Academy di Indonesia adalah bagian dari strategi Apple untuk memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) agar bisa mengimpor produknya ke Indonesia.

Program ini menjadi salah satu pilihan Apple dalam memenuhi syarat TKDN sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016, yang memperbolehkan skema investasi dalam bidang riset dan pengembangan untuk memenuhi persyaratan tersebut.***

Leave a Reply