Kalibata City Gelar General Evacuation dan Lantik 92 Anggota TSO untuk Antisipasi Keadaan Darurat

Avatar
Apartemen Kalibata City gelar General Evacuation Penanggulangan Kebakaran, 8 Mei 2024/Istimewa
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Apartemen Kalibata City, Pancoran, Selatan, kembali menggelar simulasi evakuasi bahaya gedung yang melibatkan karyawan Badan Pengelola Inner City Management (ICM) dan penghuni. Program ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab pengurus Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Kalibata City terhadap keamanan dan keselamatan orang-orang yang tinggal di kawasan tersebut.

Ketua PPPSRS Kalibata City Musdalifah Pangka mengatakan, selain , peristiwa di gedung bertingkat, khususnya apartemen kerap terjadi. Tapi jika tidak ada persiapan ketika musibah itu datang, maka dampak yang ditimbulkan bisa fatal, bahkan korban jiwa bisa melayang.

banner 225x100

Untuk itu, kata dia, kesadaran akan pentingnya penanganan bencana menjadi hal utama yang harus ditanamkan kepada pemilik dan penghuni, serta para pedagang Kalibata City. Sehingga pada saat terjadi keadaan darurat (kebakaran) mereka sudah siap melakukan apa dan yang penting tidak ada kepanikan berlebihan.

BACA JUGA: Warga Kalibata City Beri Bingkisan Sembako Kepada Karyawan Inhouse dan Outsource

”Karena itu, simulasi evakuasi dan penanggulangan kebakaran rutin kami selenggarakan dua kali dalam setahun. Kami senang kegiatan ini selalu dapat respon positif dari warga Kalibata City, karena ini menyangkut keselamatan kita bersama,” jelas Bunda Musdalifah (sapaan akrabnya) di sela-sela acara General Evacuation Kebakaran dan , beberapa waktu lalu, di Selatan.

Program ini diselenggarakan, kata Musdalifah, dengan maksud meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan proses evakuasi di saat terjadinya peristiwa kebakaran. Sebab risiko kebakaran kapan dan dimana saja bisa terjadi, karena itu dibutuhkan kesiapan seluruh pemangku kepentingan apartemen Kalibata City.

Kegiatan General Evacuation ini juga melibatkan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) dan Tenant Safety Officer () serta menghadirkan juga tenaga profesional dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI .

BACA JUGA: Prabowo Menegeskan Modal Utama Pembangunan IKN Berasal dari Dalam Negeri

Lantik TSO

Dalam kesempatan yang sama PPPSRS Kalibata City juga melantik 92 anggota Tenant Safety Officer (TSO) yang merupakan warga atau penghuni apartemen Kalibata City. Dari 18 tower diwakili 5 – 6 orang yang tugas utamanya membantu evakuasi warga jika terjadi keadaan darurat (kebakaran atau ).

General Manager Apartemen Kalibata City Martiza Melati mengungkapkan, awalnya tidak mudah mencari warga yang bersedia mengemban tugas ini, namun setelah badan pengelola melakukan pendekatan, akhirnya bisa dilengkapi kepengurusan TSO Kalibata City, periode 2024 – 2027.

Leave a Reply