5 Manfaat Air Kelapa, Mulai Dari Kandungan Nutrisi Tinggi hingga Tingkatkan Hidrasi

Avatar
Ilustrasi Air Kelapa. (Unsplash.com/Datingscout)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Air kelapa dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan dan mudah ditemukan, sehingga bisa menjadi bagian dari sehat.

Menurut Samantha Dieras, DCN, RN, ahli diet yang dilansir dari laman Glamour UK pada Kamis, 16 Mei 2024, berikut adalah beberapa bagi kesehatan:

banner 225x100

1. Mengandung nutrisi dan antioksidan

Departemen Pertanian AS menyatakan bahwa air kelapa adalah sumber nutrisi dan antioksidan yang penting. Dieras mencatat bahwa air kelapa mengandung asam amino, peptida antimikroba, karbohidrat, enzim, elektrolit, C, dan antioksidan yang bermanfaat untuk sehat.

BACA JUGA: Darah Tinggi Bisa Rusak Organ Tubuh, Tangani Segera!

2. Memberikan hidrasi

Dengan 95% air, air kelapa menjadi sumber hidrasi yang baik, terutama saat haus atau kekurangan energi. Dieras menyebutkan bahwa air kelapa dapat membantu mencegah dehidrasi akibat aktivitas sehari-hari atau penyakit seperti muntah dan diare. Namun, sebaiknya tidak sepenuhnya menggantikan air biasa dengan air kelapa.

3. Alternatif minuman sehat

Elizabeth Sharp, MD, IFMCP, seorang dokter bersertifikat dan pendiri Health Meets Wellness, mengatakan bahwa air kelapa rendah dan lebih sedikit lemak dibandingkan jus atau smoothie buah lainnya, menjadikannya alternatif sehat. Air kelapa asli tidak mengandung tambahan gula dan dapat meningkatkan hidrasi serta mengurangi rasa lapar yang tidak perlu dan asupan energi berlebih. Namun, Dr. Sharp menekankan bahwa air kelapa kekurangan beberapa makronutrien penting seperti protein dan lemak tertentu, sehingga disarankan untuk tetap menjaga seimbang.

BACA JUGA: Olahraga Pada Malam Hari Memberi Dampak Positif Bagi Penderita Obesitas dan Diabetes Tipe 2

4. Mencegah batu ginjal

Dr. Sharp menjelaskan bahwa melalui hidrasi tambahan dan pertukaran elektrolit, air kelapa bisa membantu mencegah batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sitrat, kalium, dan klorida dalam , yang membantu mencegah pembentukan kristal.

5. Mengisi kembali elektrolit setelah latihan

Dieras mengatakan bahwa air kelapa sering digunakan sebagai minuman pasca-latihan untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Dr. Sharp menambahkan bahwa elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium dalam air kelapa dapat membantu menyeimbangkan kebutuhan tubuh setelah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa lebih efektif untuk pemulihan dibandingkan air biasa setelah latihan.

BACA JUGA:Prabowo Menegeskan Modal Utama Pembangunan IKN Berasal dari Dalam Negeri

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyatakan bahwa air kelapa dapat menurunkan risiko atau meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Teori menunjukkan bahwa potasium dalam air kelapa dapat membantu mengatur efek natrium, yang berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi. Meski begitu, hal ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

Dr. Sharp juga mencatat bahwa gula dalam air kelapa bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong atau dalam jumlah berlebihan.

Leave a Reply