Kopaska dan US Navy Gelar Latihan Bersama di Jawa Timur Selama 22 Hari

Avatar
Tangkapan layar Komandan Pusat Komando Pasukan Katak TNI AL Laksamana Pertama TNI Baroyo Eko Basuki (tiga kiri) menyematkan pin latihan Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 kepada perwakilan dari Kopaska TNI AL dan US Navy SEALs di Markas Komando Puskopaska TNI AL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (8/7/2024) sebagaimana disiarkan akun resmi Instagram Puskopaska TNI AL @puskopaska_tnial. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Prajurit TNI Angkatan Laut dari Pusat (Puskopaska) dan pasukan khusus Angkatan Laut , , mengadakan latihan peperangan laut khusus di berbagai lokasi di Jawa Timur selama 22 hari, dari 8 hingga 29 Juli 2024.

(Latma) Joint Combined Exchange Training (JCET) Flash Thunder Iron ini adalah kegiatan rutin tahunan yang melibatkan prajurit Puskopaska TNI AL dan .

banner 225x100

Komandan Puskopaska TNI AL, Laksamana Pertama TNI Baroyo Eko Basuki, dalam pernyataan resminya yang diterima pada Selasa, 9 Juli 2024 menjelaskan bahwa tujuan latihan ini adalah memperkuat kerja sama antara pasukan khusus TNI AL dan Angkatan Laut , serta meningkatkan kemampuan taktik dan teknik peperangan laut khusus dari kedua negara.

BACA JUGA: TNI Angkatan Laut Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba dari Malaysia

“Latihan bersama JCET Flash Thunder Iron antara Kopaska TNI AL dengan bukan merupakan hal baru. Latihan bersama antara dua unit khusus Angkatan Laut kedua negara ini telah terjalin sejak medio 1980-an dan terus berganti-ganti nama sandi latihannya hingga saat ini,” kata Danpuskopaska TNI AL saat membuka Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 di Markas Komando Puskopaska TNI AL, , Jawa Timur pada Senin, 8 Juli 2024.

Selama latihan, prajurit Kopaska TNI AL dan US Navy SEALs akan mengikuti berbagai materi, seperti perawatan korban saat perang (tactical combat casualty care), pertempuran jarak dekat (close quarter combat), taktik pertempuran dengan perahu kecil (small boat tactic), latihan menembak sasaran dan menembak jitu, serta latihan operasi menggeledah dan menundukkan musuh di kapal (vessel board search and seizure).

Latihan ini dijadwalkan berlangsung di dan Situbondo, Jawa Timur.

BACA JUGA: TNI AL Kerahkan Dua Kapal Perang Untuk Latihan Bersama di Sekitar Perairan Malaysia

Pada latihan yang sama tahun lalu, prajurit Kopaska TNI AL dan US Navy SEALs berlatih selama 20 hari di Kepulauan Seribu, Jakarta, dan Bogor, Jawa Barat.

Materi latihan yang diikuti pasukan khusus dari Angkatan Laut dan TNI AL pada JCET Flash Thunder Iron tahun lalu meliputi perawatan korban saat perang (TCCC), taktik perahu kecil, pertempuran jarak dekat (CQB), pengintaian di pesisir/pantai, operasi menyelam tempur, navigasi bawah permukaan air laut, penghancuran sasaran bawah permukaan air laut, dan skenario serangan lengkap (full mission profile).***

Leave a Reply