Kurangi Penggunaan Gadget Berlebih Demi Menjaga Kesehatan Fisik dan Jiwa

Avatar
ilustrasi gadget (unsplash/DanGold)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Popcorn brain atau “ berondong jagung” adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan berkonsentrasi, kurangnya kejernihan , dan pikiran yang terus melompat dari satu hal ke hal lain.

“Waktu layar yang berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan yang sehat pada anak dan orang dewasa, dan berdampak pada perhatian, perkembangan kemampuan berbahasa, dan keterampilan fungsi eksekutif mereka,” kata Natalie Rosado, konselor kesehatan berlisensi dan pendiri Tampa Counseling Place, kepada .

banner 225x100

Kondisi ini sering kali disebabkan oleh penggunaan berlebihan perangkat digital dan waktu yang dihabiskan di depan layar.

Menurut laporan dari pada Kamis 28 Maret 2024, penelitian itu menunjukkan bahwa kemampuan seseorang untuk memusatkan perhatian telah menurun secara signifikan karena penggunaan internet dan perangkat digital yang berlebihan.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Bulan Ramadhan

Selain berdampak pada kesehatan , penggunaan berlebihan perangkat digital juga dapat mengganggu , yang kemudian dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Banyak orang menggunakan video dan perangkat digital sebagai pelarian dari kenyataan dan untuk menghindari masalah.

“Paparan terus-menerus terhadap gambaran ideal dan kehidupan yang terkurasi dapat menyebabkan perasaan tidak mampu dan rendah diri, terutama di kalangan generasi muda, sehingga meningkatkan risiko dan kecemasan,” kata Rosado.

Meskipun dapat memberikan bantuan sementara, Rosado memperingatkan bahwa hal ini dapat mencegah individu untuk mengatasi masalah mereka dengan efektif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Pentingnya Memeriksa Kesehatan Panggul Pasca Melahirkan

Rosado juga menjelaskan bahwa penggunaan berlebihan perangkat digital dapat menggantikan interaksi sosial yang tatap muka, yang dapat menyebabkan perasaan kesepian dan keterpisahan dari kehidupan nyata.

Untuk mengatasi masalah ini, Rosado merekomendasikan beberapa langkah seperti membatasi waktu penggunaan perangkat digital dengan menggunakan aplikasi pelacak durasi layar, membatasi notifikasi untuk meningkatkan fokus, mencari hiburan alternatif yang tidak melibatkan layar seperti permainan papan atau aktivitas fisik, dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan pembatasan dalam penggunaan perangkat digital.***

Leave a Reply