Luhut Binsar Panjaitan Hadiri Upacara HUT Kopassus ke-72, Naik Mobil Taktis Dikendarai Danjen Kopassus

Avatar
Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi (kiri), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (tengah), Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) dalam satu mobil yang sama di lapangan Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024) (ANTARA/Walda Marison)
banner 468x60

NALARNESIA.COM Koordinator Bidang Kemaritiman dan , Luhut Binsar Panjaitan, menghadiri perayaan HUT ke-72 di lapangan , Cijantung, Timur.

Dia tiba di acara tersebut dan naik mobil taktis yang disopiri oleh Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi, dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sebagai penumpang.

banner 225x100

Setelah upacara selesai, semua pejabat tinggi TNI dan mantan pejabat Kopassus bersalaman di tenda VIP. Luhut tiba di lokasi dan langsung masuk ke mobil taktis di depan bangku tamu VIP. Kehadirannya disambut oleh para pejabat tinggi, termasuk Djon Afriandi dan Maruli Simanjuntak.

BACA JUGA: Beres Pemilu 2024, Luhut Langsung Beri Karpet Merah Investor Asing

Ada momen hangat saat mereka saling bersalaman. Luhut duduk di kursi depan mobil taktis, sedangkan Danjen Kopassus duduk di kursi sopir dan Maruli berdiri di samping Luhut. Kemudian, rombongan tersebut melaju ke gedung Nanggala untuk acara selanjutnya.

Dalam perayaan HUT Kopassus ke-72, hadir beberapa tokoh besar seperti Pertahanan , Panglima TNI Jendral TNI Agus Subiyanto, Jendral Pol , dan mantan KSAD Jenderal TNI Prun Dudung Abdurachman.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Beberkan Alasan Dirinya Terima Ajakan Jokowi Untuk Bergabung

Kopassus berdiri pada 16 April 1952 setelah peristiwa pemberontakan RMS pada tahun 1950. Kelompok ini berhasil ditumpas oleh Panglima Teritorium III Kolonel A.E. Kawilarang, meskipun operasi tersebut memakan banyak korban dari TNI.

Dari pengalaman tersebut, TNI menyadari pentingnya strategi perang, taktik, dan keahlian perorangan yang mumpuni. Letkol Slamet Riyadi kemudian mengilhami pembentukan pasukan khusus dengan keahlian taktik perang tinggi, yang kemudian menjadi cikal-bakal Kopassus pada 16 April 1952.***

Leave a Reply