Manfaat Duduk Bersila di Lantai, Mulai Dari Melatih Otot Perut Hingga Menjaga Kelenturan

Avatar
Ilustrasi duduk bersila (Unsplash/Ben Blennerhassett)
banner 468x60

NALARNESIA.COM di lantai memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan dan serta melatih otot perut.

banner 225x100

Menurut Dr. Jennifer O'Connel, ahli fisioterapi di Rumah Bedah Khusus di , duduk di lantai membuat otot paha belakang lebih rileks dibandingkan dengan duduk di kursi yang dapat membuat otot tersebut menjadi kaku.

“Dari sudut pandang manfaat atau kondisi muskuloskeletal, postur benar-benar membantu kita dengan rentang gerak pinggul, punggung bawah, dan lutut,” kata asisten profesor di departemen terapi fisik di Universitas Pittsburgh Dr. Christopher Bise, seperti diberitakan New York Post, Selasa, 28 Mei 2024.

di lantai menguntungkan otot perut karena tanpa sandaran punggung, seseorang harus mengandalkan otot perut untuk menjaga keseimbangan. Berdiri dari posisi ini juga mengaktifkan otot tubuh.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Leci, Mulai dari Peningkatan Hidrasi Hingga Menjaga Kesehatan Kulit

“Dan tindakan bangkit dari posisi itu saja sudah bermanfaat bagi seluruh tubuh Anda. Anda melatih pinggul, lutut, seluruh rantai bawah, dan perut Anda untuk bangkit,” kata O'Connell.

Para ahli mencatat bahwa lansia juga dapat mengambil manfaat dari duduk di lantai, karena kemampuan untuk duduk dan bangkit dari lantai dapat mengurangi risiko jatuh dan membantu mereka bangkit kembali jika terjatuh.

“Ingatlah bahwa posisi ini tidak harus selalu di lantai. Anda bisa duduk di sofa dengan posisi duduk bersila, atau Anda bisa menggunakan posisi duduk berbeda di sofa yang juga akan meningkatkan rentang gerak Anda,” kata Bise.

Namun, posisi bersila tidak harus di lantai untuk meningkatkan .

BACA JUGA: 5 Manfaat Air Kelapa, Mulai Dari Kandungan Nutrisi Tinggi hingga Tingkatkan Hidrasi

Walaupun bermanfaat untuk otot tubuh, duduk bersila sepanjang hari tidak menjamin peningkatan . Disarankan untuk bergerak setiap 60 menit untuk memperbaiki postur tubuh, dengan gerakan sederhana.

“Tetapi, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli terapi fisik, dan mereka dapat memberi Anda strategi untuk melakukan duduk di lantai,” kata O'Connell.

Perlu diperhatikan bahwa duduk di lantai mungkin tidak cocok bagi mereka yang memiliki masalah persendian atau sedang dalam masa pemulihan setelah operasi tertentu.***

Leave a Reply