Ma’ruf Amin Berharap agar Garuda Indonesia Memperbaiki Kualitas Pelayanan Terutama kepada Jamaah Haji

Avatar
Wapres Ma'ruf Amin Wapres Ma'ruf Amin memberi sambutan pada acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Pembukaan Pekan Ekonomi Syariah (PEKSyar), dan Seminar Nasional Ekonomi Syariah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Rabu (22/5/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Wap
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan agar Garuda terus meningkatkan kualitas layanan setelah terjadi beberapa keterlambatan pada kloter angkutan haji 2024.

“Soal keterlambatan, saya kira Kementerian Agama sudah menegur Garuda () supaya jangan terlambat lagi dan Garuda () sudah menyiapkan diri untuk terus memperbaiki,” kata usai meninjau keberangkatan jamaah calon haji asal Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Rabu, 29 Mei 2024.

banner 225x100

menyatakan bahwa masalah teknis memang sering muncul, namun Garuda Indonesia perlu melakukan evaluasi menyeluruh untuk masa depan.

“Karena ini menyangkut pemberangkatan sejumlah besar orang, banyak yang sudah , jangan sampai kelelahan menunggu berjam-jam untuk terbang. Padahal perjalanan juga panjang, di sana juga ibadah sehingga jangan sampai ditambah lagi dengan menunggu,” ujar .

BACA JUGA: Penyekatan Dilakukan Di Perbatasan Cianjur Imbas Tahanan Kabur

Selain itu, Garuda Indonesia akan memberangkatkan banyak kloter dengan jumlah calon haji yang besar pada angkutan haji 2024.

Menanggapi keterlambatan tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, telah meminta maaf kepada calon jamaah haji.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan jamaah calon haji di beberapa kloter keberangkatan yang mengalami keterlambatan penerbangan, serta kepada otoritas yang terus bekerja dengan optimal dalam memastikan kelancaran layanan haji bagi masyarakat Indonesia,” kata Irfan dalam keterangan di Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

Irfan menegaskan bahwa Garuda Indonesia terus memperkuat berbagai langkah mitigasi untuk memastikan kelancaran , terutama setelah adanya penyesuaian jadwal penerbangan yang menyebabkan keterlambatan pada beberapa kloter, termasuk dari embarkasi Makassar.

BACA JUGA: Salah Jalan, Geng Motor Masuk Kawasan Militer Dihajar Polisi Militer

“Dapat kami sampaikan hingga minggu kemarin 26 Mei 2024, Garuda Indonesia tercatat telah memberangkatkan sekitar 152 kelompok terbang (kloter) dengan jamaah mencapai sedikitnya 57 ribu calon haji,” jelas Irfan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan Garuda Indonesia menggunakan beberapa pesawat berbadan lebar yang biasanya melayani penerbangan reguler untuk mendukung operasi angkutan haji 2024.

“Saya harapkan, bukan tidak mungkin penerbangan-penerbangan reguler yang lain yang menggunakan wide body (pesawat berbadan lebar), saya sarankan melayani (angkutan) haji,” kata Menhub di sela menghadiri pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta, Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut Menhub, langkah ini diambil untuk mengantisipasi kemungkinan keterlambatan penerbangan haji Indonesia ke Mekah.***

Leave a Reply