Pelabuhan Banjarmasin Mencatat Sebanyak 15.721 Pemudik Tujuan Jawa Telah Diberangkatkan

Avatar
Ilustrasi kapal PT Pelni (Instagram)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I , Kalimantan Selatan (Kalsel), mencatat bahwa sebanyak 15.721 yang menggunakan kapal laut telah berangkat lebih awal dari Pelabuhan Trisakti menuju Pulau Jawa untuk menghindari lonjakan penumpang saat puncak arus 1445 Hijriah.

Kasubbag Umum dan Hubungan Masyarakat KSOP Kelas I Banjarmasin, Deni Hendra Mulyadi menjelaskan bahwa data tersebut telah dikumpulkan sejak dibukanya Posko Angkutan Laut pada tanggal 26 Maret. Dari jumlah tersebut, 12.765 merupakan penumpang biasa, sedangkan 2.956 merupakan sopir dan kernet mobil truk.

banner 225x100

“Hingga hari keenam Posko Angkutan Laut dibuka, total 15.721 penumpang kapal berangkat dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” ujarnya.

Selain peningkatan jumlah penumpang, terjadi juga peningkatan jumlah transportasi, dengan total 2.821 kendaraan yang menyeberang ke Pulau Jawa hingga hari keenam.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, PT Pelni Jayapura Siapkan Kapal Perintis Bermuatan 400 Orang

“Selama enam hari ini sudah mulai menunjukkan peningkatan jumlah penumpang mudik jalur laut. Pada hari pertama hingga hari ketiga tidak terlalu signifikan. Tetapi setelah hari ketiga hingga hari keenam mulai meningkat dari yang tadinya ratusan penumpang, lalu mencapai ribuan,” ujar dia pula.

Deni menegaskan bahwa penyelenggaraan pos angkutan laut di Pelabuhan Trisakti berjalan lancar dan tertib berkat kerja sama antara petugas, operator kapal, dan calon penumpang.

Dia juga mengimbau calon penumpang agar datang ke pelabuhan sesuai jadwal keberangkatan untuk mencegah lonjakan atau tumpukan di ruang tunggu pelabuhan.

KSOP Banjarmasin telah membuka Pos Koordinasi Angkutan Laut selama satu bulan mulai dari 26 Maret hingga 26 April 2024.

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Himbau Pemudik Dengan Kendaraan Roda Dua Agar Memperhatikan Kendaraannya

Pos koordinasi tersebut melibatkan 180 personel dari berbagai instansi terkait seperti Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin, Air Polda Kalimantan Selatan, Sektor Pelabuhan Laut Banjarmasin, Pangkalan Angkatan Laut Banjarmasin, Kantor Banjarmasin, Pelindo Sub Regional Kalimantan, PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, PT Berlian Lautan Sejahtera Banjarmasin, dan PT Timur Mila Utama Banjarmasin.***