Pemkot Jaksel Bangun 2 TPS Tahun Depan untuk Kurangi Volume Sampah

Avatar
Pekerja memilih sampah di TPS 3R Kelurahan Pejaten Barat, Jakarta, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Khaerul Izan
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Pemerintah Kota () berencana menambah dua tempat pembuangan sampah dengan konsep reduce, reuse, recycle (TPS 3R) pada tahun 2025 untuk mengurangi volume sampah di wilayah tersebut.

“Tahun depan, kita rencana dan anggarkan membuat dua TPS3R,” kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Mohamad Amin dilansir dari ANTARA, Senin, 24 Juni 2024.

banner 225x100

Menurut Amin, TPS 3R baru akan dibangun di kawasan Waduk Brigif, Jagakarsa, dan Mampang. Saat ini, TPS 3R yang sudah beroperasi di terdapat di kawasan Menteng Atas, Pesanggrahan, dan .

BACA JUGA: Jakarta Tinggal Pemain Inti, Jumlah Sampah di Jaksel Menurun Saat Libur Lebaran

“Yang di Menteng Atas dibangun oleh pemerintah tahun ini. Sementara yang berada di Kecamatan Pesanggrahan sudah jadi gedungnya, tinggal mesin dari PLN. Kalau yang di Jagakarsa sedang dibangun pihak ketiga melalui ,” ujarnya.

Sementara itu, TPS 3R di Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan , yang dibangun pada tahun 2023, baru diresmikan pada Jumat, 16 Februari 2024. TPS ini memiliki kapasitas pengolahan sampah hingga 50 ton per hari.

BACA JUGA: Jakarta Tinggal Pemain Inti, Jumlah Sampah di Jaksel Menurun Saat Libur Lebaran

Amin menyatakan bahwa pembangunan TPS 3R bersifat tentatif, tergantung pada pelaksana dan kondisi yang berbeda-beda. Diharapkan dengan adanya TPS 3R, limbah rumah tangga tidak hanya dibuang tetapi juga diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pemerintah menargetkan pembangunan TPS 3R di 44 kecamatan untuk mengurangi volume sampah. Penjabat , Heru Budi Hartono, menyatakan bahwa tujuh TPS 3R sudah dibangun pada tahun 2023 dan empat lagi direncanakan dibangun pada tahun 2024.

Pada tahun 2024, Heru Budi Hartono meresmikan TPS 3R di Ciracas, Jakarta Timur; Rawasari, ; dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pembangunan TPS 3R ini menggunakan anggaran APBD 2023 sebesar sekitar Rp19 miliar.***

Leave a Reply