Putin Beri Usulan Perdamaian kepada Ukraina dengan Beberapa Syarat

Avatar
Presiden Rusia Vladimir Putin. ANTARA/Anadolu/pri.
banner 468x60

NALARNESIA.COM Vladimir Putin mengusulkan kepada pada Jumat, 14 Juni 2024 dengan menetapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengakhiri perang dan memulai pembicaraan damai.

“Hari ini kami membuat usulan lain yang konkret dan nyata. Jika Kiev dan negara-negara Barat menolaknya seperti sebelumnya, maka itu adalah urusan mereka, tanggung jawab politik dan mereka atas kelanjutan pertumpahan darah,” katanya.

banner 225x100

Dalam pertemuan dengan pegawai Kementerian Luar Negeri di Moskow, Putin menyatakan bahwa akan segera menghentikan operasi militer jika membatalkan rencananya untuk bergabung dengan NATO dan menarik pasukannya dari empat wilayah yang diklaim Rusia, yaitu Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhya.

BACA JUGA: Presiden Rusia Sebut Situasi di Gaza Sebagai Pemusnahan Massal

Putin memperingatkan bahwa situasi di perang bisa berubah menjadi hal yang tidak menguntungkan bagi Kiev, dan jika ini terjadi, “kondisi untuk memulai negosiasi akan berbeda.”

Putin menekankan bahwa ia menginginkan konflik ini berakhir sepenuhnya, bukan sekadar ditunda.

“Segera setelah mulai menarik pasukan dari Donbas dan Novorossiya (di wilayah tersebut) dan berjanji untuk tidak bergabung dengan NATO, Federasi Rusia akan menghentikan tembakan dan siap untuk bernegosiasi. Saya kira hal itu tidak akan memakan waktu lama,” tambahnya.

BACA JUGA: Jangan Terlena! Kebanyakan Pasian Gagal Ginjal Berusia Dibawah 50 Tahun

Selain itu, Putin menyatakan bahwa ia tidak menganggap Volodymyr Zelenskyy sebagai presiden sah Ukraina setelah masa jabatannya berakhir pada 20 Mei, dan mengakui parlemen Ukraina, Verkhovna Rada, sebagai satu-satunya otoritas yang sah.***

Leave a Reply