Waspada, Ini Gejala Kanker Prostat

Avatar
Ilustrasi (pixabay/hemorrhoids)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Dr. Anand Utture, seorang konsultan dari Rumah SL Raheja di Mumbai, , menjelaskan tanda-tanda penyakit yang perlu diwaspadai.

Salah satu gejala utama adalah pembesaran kelenjar prostat, yang dapat menyebabkan keinginan untuk buang air kecil, nocturia, aliran urine lemah, sulit buang air kecil, dan pembuangan urine yang tidak sempurna.

banner 225x100

Menurut American Cancer Society, satu dari delapan pria berpotensi menderita . Dr. Anand menyatakan bahwa risiko ini meningkat setelah seseorang mencapai usia 65 tahun, meskipun agresif juga dapat terjadi pada kelompok usia yang lebih muda.

Gejala penyakit kanker prostat, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Anand, melibatkan darah dalam air urine dan air mani, serta rasa dan nyeri di bagian pinggul, punggung, dada, atau tulang lainnya. Terkadang, penderita juga dapat mengalami disfungsi ereksi.

BACA JUGA: Tanggapan Mahasiswa Soal Kasus Dugaan Pelecehan Rektor Universitas Pancasila

Penting untuk memahami tanda-tanda ini dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika ada kekhawatiran terkait kesehatan prostat.

“Jika kelenjar prostat membesar dan memberikan tekanan pada rektum, seseorang mungkin akan merasa sembelit,” kata Anand menambahkan.

Selain gejala sebelumnya, penderita kanker prostat juga dapat mengalami kelelahan yang berlebihan, penurunan , dan penurunan nafsu makan. Dr. Anand menyoroti bahwa risiko kanker prostat lebih tinggi bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga, seperti ayah atau saudara laki-laki yang pernah mengidap penyakit tersebut.

Dr. Anand menekankan urgensi deteksi dini, sehingga jika ada gejala yang muncul, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis .

BACA JUGA: Senat Mahasiswa Univ Pancasila Tuntut Rektor Dinonaktifkan Imbas Kasus Dugaan Pelecehan

Ia juga menyatakan bahwa jika kanker prostat dapat dideteksi sebelum menyebar ke bagian tubuh lain, lebih dari 97 persen pasien memiliki peluang hidup lebih dari lima tahun.

“Jadi, meskipun prostat adalah kelenjar kecil, deteksi dini dan pengobatan kanker prostat dapat membantu mempertahankan secara signifikan,” kata Anand.***

Leave a Reply