Apa Itu Zona T? Dan Apa Penyebab Zona T Sering Berminyak?

Avatar
Ilustrasi (Unsplash.com/x)
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Zona-T di , termasuk dahi, hidung, dan dagu, cenderung lebih berminyak, menyebabkan masalah seperti . Ini disebabkan oleh jumlah kelenjar sebasea yang lebih banyak, seperti dilaporkan oleh .

Kelenjar sebasea yang berlimpah di zona-T, terutama dagu, hidung, dan dahi, memproduksi sebum berlebih. Hal ini membuat area tersebut rentan terhadap masalah karena tingginya produksi minyak.

banner 225x100

Kelenjar sebasea pada zona-T berperan penting dalam menghasilkan sebum, zat minyak yang menjaga kelembaban . Namun, kelebihan kelenjar sebasea dapat menyebabkan masalah kulit seperti dan pori-pori tersumbat.

Produksi sebum di zona-T setiap individu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia, genetika, tingkat hormon, dan jenis produk perawatan kulit yang digunakan, menurut penjelasan dari dokter kulit bersertifikat, Dr. Gregory Papadeas.

BACA JUGA: Parah! Bukannya Kerja Petugas KPPS Ini Malah Cari Cewek Panggilan

Sebum memiliki peran vital dalam menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari gesekan, seperti saat menggosok . Penelitian juga menunjukkan bahwa sebum mengandung senyawa antimikroba dan antiinflamasi yang berperan dalam pertahanan kulit.