Bamsoet Mengajak Seluruh Masyarakat Untuk Mengamalkan Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Avatar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/5/2024). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi
banner 468x60

NALARNESIA.COM – Ketua , , mengajak seluruh masyarakat untuk memperingati Hari Lahir pada 1 Juni 2024 dengan mengamalkan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

Ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen ini guna memperkuat persatuan bangsa di tengah perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam upaya mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.

banner 225x100

“Mengajak masyarakat untuk terus bergotong royong dalam berpartisipasi pada pembangunan bangsa dengan tetap menerapkan ideologi sebagai fondasi dasar yang memperkuat kerukunan dan keutuhan berbangsa sebagai wujud pengamalan Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia,” kata , sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di , Jumat, 31 Mei 2024.

BACA JUGA : Ketua MPR RI Sarankan Penundaan Kebijakan Tapera: Kalau Dipotong Itu akan Mengurangi Pemenuhan Kebutuhan

meminta pemerintah, terutama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kurikulum pendidikan, agar norma-norma Pancasila dapat membimbing generasi muda dalam meraih cita-cita bangsa.

“Yang lebih maju, mandiri, dan berdaulat, sebagaimana semboyan bangsa Indonesia yang menyatakan ‘Bhinneka Tunggal Ika',” ucapnya.

“Meminta pemerintah untuk mengimbau masyarakat melalui program-program pemerintah yang menerapkan Pancasila sehingga masyarakat dapat memahami nilai-nilai inklusivitas, , dan gotong royong, dikarenakan keberagaman yang ada merupakan bentuk identitas bangsa Indonesia secara nasional,” tutur dia.

BACA JUGA: Bambang Soesatyo Tegaskan Pentingnya Ketahanan Budaya di Tengah Globalisasi

Presiden RI, , dijadwalkan menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Blok Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan bahwa upacara puncak dilaksanakan di Blok Rokan untuk menunjukkan bahwa Indonesia sudah mampu mengelola dan mandiri dalam hal ketahanan energi.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Logo utama peringatan tahun ini adalah “Sandya Taru” atau Pohon Persatuan yang mencerminkan persatuan, semangat gotong royong, dan kesetaraan.***

Leave a Reply