Kemarin Bos Apple, Hari Ini Menlu China Temui Jokowi di Istana Kepresidenan

Avatar
Menteri Luar Negeri China Wang Yi tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/Yashinta Difa)
banner 468x60

NALARNESIA.COM (Menlu) Wang Yi tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 18 April 2024 untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Hai, cuacanya bagus yaa,” katanya kepada wartawan dalam bahasa Inggris sembari tersenyum.

banner 225x100

Dia tiba di istana pada pukul 09.23 WIB dan berinteraksi dengan wartawan yang sedang mendokumentasikan kedatangannya.

Sebelumnya, Wang Yi telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Indonesia, , di Kementerian Luar Negeri.

BACA JUGA: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Berkunjung ke Cina, Temui Xi Jinping dan Li Qiang

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya terkait investasi, pengembangan industri, transisi energi, ketahanan pangan, dan infrastruktur.

“Melalui kunjungan ini, berharap dapat menerapkan pemahaman bersama yang dicapai antara Presiden Xi Jinping dan para pemimpin kedua negara, melaksanakan kerja sama Belt and Road yang berkualitas tinggi dan meraih kemajuan yang lebih substantif dalam pembangunan -Indonesia,” kata Lin Jian di Beijing, China, Selasa, 16 April 2024.

Selain itu, Wang Yi juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Binsar Pandjaitan. Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, telah menyatakan bahwa kunjungan Wang Yi ke Indonesia bertujuan untuk mempererat kerja sama dalam kerangka Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative).

Setelah kunjungannya ke Indonesia, Wang Yi akan melanjutkan perjalanan ke Kamboja dan Papua Nugini.

BACA JUGA: Bos Apple Datang ke Indonesia, Bahas Investasi di Istana Bersama Jokowi

“China, Indonesia, Kamboja, dan Papua Nugini, semuanya terletak di Asia-Pasifik. Kita semua adalah negara berkembang dan merupakan kawan baik serta mitra satu sama lain dengan prinsip saling menghormati, kesetaraan, saling menguntungkan dan pembangunan untuk kepentingan bersama,” ungkap Lin Jian.

Sehari sebelumnya, CEO Apple, , mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 17 April 2024. , yang mengenakan setelan jas, tiba di Istana pada pagi hari untuk membahas potensi investasi Apple di Indonesia.

Setelah memasuki Istana, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga datang untuk menghadiri rapat tersebut.

“Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan,” kata Budi Arie di Istana Kepresidenan Jakarta.

Budi menekankan bahwa pembicaraan tentang investasi Apple memiliki potensi untuk menjadikan Indonesia sebagai bagian penting dalam rantai pasokan global untuk produk Apple.***