Mahkamah Kehormatan Dewan Minta Klarifikasi Bamsoet Soal Amandemen UUD 1945

Avatar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/5/2024). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi
banner 468x60

NALARNESIA.COM () bakal meminta klarifikasi Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang dilaporkan atas pernyataannya terkait dengan fraksi yang mendukung amandemen Undang-Undang Dasar 1945.

Wakil Ketua DPR RI Nazaruddin Dek Gam menjelaskan Bamsoet dilaporkan oleh seorang yang bernama Azhari. Menurutnya pelaporan itu dilaporkan berdasarkan berita-berita yang ada di media online atau daring.

banner 225x100

“Tentu saja laporan ini akan kami pelajari, akan kami verifikasi,” kata Nazaruddin di Kompleks Parlemen, , Rabu, 5 Juni 2024.

Nantinya, kata dia, akan menjadikan berita-berita di media online yang dilaporkan oleh pelapor itu untuk mengklarifikasi-nya kepada Bamsoet. Dari laporan tersebut, ada tiga berita yang disisipkan sebagai laporan.

BACA JUGA: Bambang Soesatyo Tegaskan Pentingnya Ketahanan Budaya di Tengah Globalisasi

Adapun poin yang dilaporkan kepada MKD itu yakni Bamsoet yang dianggap telah menyatakan bahwa semua fraksi telah menyetujui adanya amandemen UUD 1945.

Nazaruddin pun menyatakan bahwa MKD bisa memberikan sanksi jika Bamsoet terbukti melakukan pelanggaran atas pernyataannya tersebut. Di samping itu, MKD juga bakal terlebih dahulu identitas pelapor.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan seluruh partai politik setuju untuk melakukan amandemen penyempurnaan UUD 1945 yang ada, termasuk penataan kembali sistem politik dan sistem .

“Kami di MPR siap untuk melakukan amandemen,” kata Bamsoet saat bertemu dengan Ketua MPR RI periode 1999-2004 Amien Rais, untuk membahas situasi politik dan terkini di Indonesia di Kompleks Parlemen, , Rabu, 5 Juni 2024.

BACA JUGA: Pakar Sebut Penambahan Kementerian Termasuk Hak Prerogatif Presiden Sarankan UU Diubah Untuk Mengikuti Zaman

Mengenai wacana dan yang dipilih oleh MPR, yang dianggap mencabut kedaulatan rakyat, Bamsoet menegaskan kedaulatan itu sudah diwakilkan dengan para wakil yang dipilih oleh rakyat.***

Leave a Reply